Fakta dan Profil Ki Manteb Sudharsono, Dalang Kondang Meninggal Dunia Diduga Terpapar Covid19

Fakta dan Profil Ki Manteb Sudharsono, Dalang Kondang Meninggal Dunia Diduga Terpapar Covid19

Foto

Fakta dan Profil Ki Manteb Sudharsono (Foto: Instagram @ki_manteb_soedharsono_official)


Simak fakta dan profil Ki Manteb Sudharsono Dalang Kondang yang meninggal dunia diduga terpapar Covid19 hingga sakit paru pada Jumat, 2 Juli 2021.

Ki Manteb Soedharsono merupakan dalang asal Palur, Mojolaban, Sukoharjo yang lahir pada 31 Agustus 1948.

Sosoknya juga dikenal sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern. Belajar mendalang sejak kecil, Ki Manteb sukses menggelar berbagai pertunjukan hingga pecahkan rekor lho!

Baca Juga:  Biodata Mbak You Wikipedia: Agama Umur dan Asal Kota, Peramal yang Terawang Dirinya Meninggal Dunia

Berikut adalah fakta dan profil lengkap Ki Manteb Sudharsono si Dalang Setan berdasarkan data yang dihimpun oleh tim KUYOU.id.

Profil Lengkap  Ki Manteb Sudharsono

Ki Manteb Soedharsono adalah nama lengkapnya, dia lahir di  Palur, Mojolaban, Sukoharjo pada 31 Agustus 1948.

Agama yang dianut Ki Manteb Soedharsono adalah islam. Dia merupakan anak dari pendalang tulen bernama Ki Hardjo Brahim. Sedangkan sang ibunda  berprofesi sebagai penabuh gamelan. 

Ki Manteb pernah bersekolah di STM Manahan, Solo namun berhenti ditengah jalan.

Belajar Dalang Sejak Kecil

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ayah Ki Manteb Soedharsono seorang seniman dalang tulen. Hal ini lah yang membuatnya akrab dengan dunia pendalangan sejak kecil.

Sang ayah, Ki Hardjo Brahim sering membawanya ke berbagai pertunjukan. Gak hanya itu, sang ibunda juga turut hadir karena berprofesi sebagai penabuh gamelan. 

Dalang asal Sukoharjo ini pernah bersekolah di STM Manahan, Solo. Namun sekolahnya terbengkalai hingga akhirnya berhenti demi karier mendalang.

Mendapat Julukan Dalang Setan

Ki Manteb Soedharsono dikenal karena kepiawaiannya dalam seni menggerakkan wayang. Karena hal tersebut, para penggemar menjulukinya sebagai Dalang Setan.

Baca Juga: Biodata Ki Manteb Sudharsono ‘Dalang Setan’ Lengkap Agama dan Umur, Dalang Kondang yang Meninggal Dunia

Alhasil, Ki Manteb memilih untuk terus mendalami seni menggerakkan wayang, atau yang disebut dengan istilah sabet.

Dikenal Sebagai Pelopor Seni Dalang dengan Musik Modern

Ki Manteb Soedharsono mengaku suka menyaksikan film Bruce Lee dan Jackie Chan. karena film kung fu tersebut, dia mendapatkan inspirasi untuk mendalami pedalangannya. 

Gak hanya itu, dia juga membawa peralatan musik modern ke atas pentas, misalnya tambur, biola, terompet, ataupun simbal dalam pertunjukan. Hal ini mendapat respon positif dari banyak orang.

Ki Manteb Soedharsono Raih Rekor

Ki Manteb Sudharsono mengatakan bahwa pertunjukan Banjaran Bima yang digelar pada 1987 merupakan tonggak bersejarah dalam hidupnya.

Sejak saat itu, namanya semakin terkenal hingga berhasil meraih rekor mendalang 24 jam tanpa henti dengan lakon Baratayudha. 

Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia di Usia 12 Tahun

Ki Manteb Sudharsono dikabarkan tutup usia pada Jumat 2 juli 2021 pukul 09.45 WIB.

Dia meninggal dunia di usia 72 tahun.

Diketahui bahwa Ki Manteb jatuh sakit setelah melangsungkan pentas wayang dari Jakarta. Dari hasil swab antigen, Ki Manteb positif terpapar virus Covid.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan penyakit paru-paru yang diderita oleh Ki Manteb Sudarsono.

Baca Juga: Biodata Ica Maysha Lengkap Agama dan Umur, TikToker Viral Karena Lagu Welcome To Indonesia

Ki Manteb meninggalkan enam orang anak dan satu anak hasil adopsi.

Itu dia fakta dan profil lengkap Ki Manteb Sudharsono si Dalang Setan yang meninggal dunia di usia 72 tahun karena Covid-19.




Ki Manteb SudharsonoFakta Ki Manteb SudharsonoKi Manteb Sudharsono MeninggalKi Manteb Sudharsono SakitPenyakit Ki Manteb SudharsonoProfil Ki Manteb SudharsonoKarier Ki Manteb SudharsonoDalang Setanfakta dan profil ki manteb sudharsonodalang setan ki manteb sudharsonobiodata ki manteb sudharsono

Share to: