Daftar Menteri Terbaik Jokowi Versi LPI, Ada Erick Thohir hingga Gus Yaqut

Daftar Menteri Terbaik Jokowi Versi LPI, Ada Erick Thohir hingga Gus Yaqut

Daftar Menteri Terbaik Jokowi Versi LPI, Ada Erick Thohir hingga Gus Yaqut

Siapa Menteri Terbaik Jokowi Versi LPI? (Foto: website kominfo)


Siapa menteri terbaik dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II? Berikut daftarnya versi LPI  gaes!

Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melaporkan hasil studi tentang performa dan kinerja terbaik dari menteri Presiden Jokowi. Hasilnya, beberapa nama menteri tertunjuk sebagai yang terbaik.

Direktur LPI, Boni Hargens, Ph.D mengungkapkan bahwa daftar ini merupakan hasil dari riset kualitatif dan wawancara mendalam terhadap sejumlah pakar dari beragam latar keilmuan mulai dari Januari hingga Juni 2021.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Usulkan Dana PMN Untuk 12 BUMN, Berikut Daftarnya

LPI juga menyebutkan bahwa ingin mengukur kerja dan kualitas kabinet dalam responnya di persoalan pandemi Covid-19 ini.

Dari hasil riset yang dilakukan, terdapat sejumlah menteri yang tercatat dalam rating terbaik. Dafar dinilai dari tiga indikator, yaitu: leadership, polieces, dan responsiveness.

Leadership memiliki kontribusi sebesar 30% kepada nilai kinerja, Sementara policies 20% dan responsiveness 50 %.

Menteri Terbaik Jokowi Versi LPI

Dari hasil riset LPI, menteri terbaik dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo adalah Mahfudz MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Mensos Tri Rismaharini.

Baca Juga: Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi Ajak Tokoh Agama Cegah Penyebaran Covid-19

Boni Hargens menjelaskan keempat menteri ini memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Dia mencontohkan Menkopolhukam Mahfudz MD yang berani dan tegas dalam memutuskan kebijakan penting.

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil Qoumas Sebut Erick Thohir Adalah Pemimpin Baru yang Lahir saat Pandemi

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir unggul dalam hal gagasan, terobosan dan juga kecekatan. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga memiliki terobosan dan keberanian dalam mengubah paradigma dan perspektif publik terhadap institusi Kemenag.

Terakhir, Mensos Tri Rismaharini dinilai unggul dalam komitmennya membersihkan institusi kemensos dari praktik korupsi.




Lembaga Pemilih IndonesiaLPIMenteri TerbaikMenteri Kabinet Indonesia BersatuKabinet Indonesia BersatuErick ThohirYaqut Cholil QoumasMahfudz MDTri Rismaharini

Share to: