Arti dan Makna Rahajeng Rahina Saraswati Dalam Perayaan Hari Suci Saraswati di Bali

Arti dan Makna Rahajeng Rahina Saraswati Dalam Perayaan Hari Suci Saraswati di Bali

Arti dan Makna Rahajeng Rahina Saraswati Dalam Perayaan Hari Suci Saraswati di Bali

Arti dan Makna Rahajeng Rahina Saraswati (Foto Istimewa)


Berikut arti dan makna Rahajeng Rahina Saraswati dalam perayaan Hari Suci Saraswati umat Hindu di Bali.

Ungkapan Rahajeng Rahina Saraswati viral dan menjadi trending topik di media sosial Twitter pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021.

Viralnya ungkapan Rahajeng Rahina Saraswati ini adalah karena bertepatan dengan perayaan Hari Suci Saraswati bagi umat Hindu yang berada di Bali gaes.

BACA JUGA: Arti Nama Inggit Garnasih Mantan Istri Presiden Soekarno Lengkap Biodata dan Umur

Apakah kalian tahu arti dan makna dari Rahajeng Rahina Saraswati ini? Kalau belum tahun simak pengertiannya yang sudah dihimpun Tim KUYOU.id berikut ini.

1. Makna dan Arti Rahajeng Rahina Saraswati

Diketahui makna dan arti dari Rahajeng Rahina Saraswati adalah sebuah ungkapan selamat atas Hari Suci Saraswati bagi umat Hindu yang merayakannya.

Hari Suci Saraswati ini diperingati sebagai turunnya ilmu pengetahuan suci bagi umat manusia yang bisa membawa kemakmuran kemajuan serta perdamaian di dunia.

Umat Hindu di Bali merayakan Hari Suci Saraswati ini setiap 210 hari dengan menggunakan perhitungan kalender Bali.

Umat Hindu meayakan hari tersebut dengan memberikan pemujaan pada Dewi Saraswati yang merupakan Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni.

Dalam kamus istilah Hindu, Hari Suci Saraswati adalah Hari dewanya Ilmu Pengetahuan yang dilambangkan dengan seorang Dewi yang membawa wina, genitri, pustaka suci, teratai yang duduk di atas angsa.

Dewi sendiri merupakan simbol dari kekuatan, keindahan kelembutan yang merupakan sifat dari ilmu pengetahuan.

sementara Wina adalah alat musik yang merupakan simbol dari seni, genitri simbol kekealan dari ilmu pengetahuan, pustaka suci adalah simbol dari ilmu pengatahuan suci, teratai adalah simbol sucinya ilmu pengetahuan yang berasal dari Sang Hyang Widhi, serta angsa adalah simbol kebijaksanaan dalam membedakan kebaikan dan keburukan.

2. Netizen berikan ucapan selamat

Sementara itu, netizen bergama Hindu yang merayakannya turut mengucapkan selamat pada perayaan Hari Suci Saraswati tersebut.

Kebanyakan dari mereka mengucapkan Rahajeng Rahina Saraswati kepada umat Hindu yang tengah merayakannya.

"Om Swastyastu, Rahajeng Rahina Saraswati, Selamat hari raya Saraswati... Semoga dengan turunnya ilmu pengetahuan dapat membuat kita bijak dalam segala hal..," tulis netizen di Twitter.

"Rahajeng Rahina Saraswati. Semoga ilmu pengetahuan yang suci dapat bermanfaat untuk semua umat," tulis netizen.

"Rahajeng Rahina Saraswati, semoga Ida Sang Hyang Widhi selalu menganugerahkan ilmu pengetahuan dan kreatifitas yang baik untuk kita semua," ucap netizen lainnya.

BACA JUGA: Arti Kata dan Makna Singkatan NSFW, Ramai Digunakan di Twitter

Nah, itulah arti dan makna Rahajeng Rahina Saraswati dalam perayaan Hari Suci Saraswati umat Hindu di Bali gaes.




Arti dan Makna Rahajeng Rahina SaraswatiArti Rahajeng Rahina SaraswatiMakna Rahajeng Rahina SaraswatiRahajeng Rahina Saraswati Dalam Perayaan Hari Suci SaraswatiApa itu Rahajeng Rahina Saraswatimengenal Rahajeng Rahina SaraswatiHari Suci SaraswatiRahajeng Rahina SaraswatiHinduBali

Share to: