Mengenal Elephant Kind, Grup Musik Indie Tanah Air yang Bakal Tampil di Mola Chill Festival London

Mengenal Elephant Kind, Grup Musik Indie Tanah Air yang Bakal Tampil di Mola Chill Festival London

Mengenal Elephant Kind, Grup Musik Indie Tanah Air yang Bakal Tampil di Mola Chill Festival London

Potret Elephant Kind, Grup Musik Indie Tanah Air yang Bakal Tampil di Mola Chill Festival London (Foto: Instagram @elephantkind)


Yuk kenalan dengan Elephant Kind, Grup musik indie Tanah Air yang bakal tampil di Mola Chill Festival London gaes. 

Elephant Kind merupakan grup musik indie asal Indonesia, tepatnya Jakarta. Elephant Kind sendiri berisikan tiga anggota, Bam Mastro, Bayu Adisapoetra dan Kevin Septanto. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2013.

Elephant Kind ini memang terdengar asing oleh orang Indonesia. Namun siapa sangka, grup musik ini menjadi perwakilan Indonesia di Mola Chill Festival London gaes. Mola Chill Festival London sendiri akan digelar pada 29 Oktober 2021 pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Profil dan Biodata Francis Karel, Musisi Asal Indonesia yang Viral Mendunia Gaes!

Mengenal Personil Elephant Kind

Elephant Kind sendiri awalnya berisikan 4 personil, yakni Bam Mastro pada vokal dan gitar, Bayu Adisapoetra pada drum, John Paul Patton pada bass, dan Dewa Pratama pada gitar. 

Pada November 2015, John Paul Patton hengkang dan membentuk grup musik rock, Kelompok Penerbang Roket. Setelah itu, Dewa Pratama pun ikut hengkang dari grup. Tersisa dua orang, Elephant Kind menambah satu personil baru, Kevin Septanto pada bass.

Awal Karier Elephant Kind

Band ini dibentuk pada tahun 2013, ketika Bam Mastro membuat sebuah proyek musik untuk skripsinya di Western Australian Academy of Performing Arts. Band tersebut bertahan hingga Bam harus kembali ke Indonesia karena visanya di Australia sudah habis.

Di Jakarta, Bam Mastro mengajak Bayu Adisapoetra, John 'Choky' Patton dan Dewa Pratama. Namun, John Patton dan Dewa Pratama memilih hengkang dari grup. Dan Elephant Kind memperkenalkan Kevin Septanto yang menggatikan John Patton sebagai bassist.

Arti Nama Elephant Kind

Bam Mastro mengungkapkan nama Elephhant Kind terinspirasi dari sebuah kicauan di Twitter.

"An elephant can die from a broken heart,”. Bam kagum akan kekuatan gajah yang sanggup berdiri meski sudah mati. 

Dari filosofi itu, Elephant Kind berharap musiknya bisa menghibur bagi mereka yang patah hati. Musik Elephant Kind seolah jadi penghibur bagi mereka yang tersakiti, tak hanya oleh cinta tapi juga yang hal lain.

Aliran dan Pengaruh Elephant Kind

Grup musik ini beraliran indie pop, indie rock, funk, elektronik dan disko. Mereka sendiri terpengaruh dengan musik-musik pop barat, seperti Michael Jackson, Kanye West, Queen, Bon Iver, Sigur Ros, David Bowie, Arcade Fire, dan Kings of Leon.

Single dan Album Elephant Kind

Elephant Kind kini berada dalam label Cubs Club Entertainment. Hingga kini, mereka sudah merilis 11 single, 2 album mini dan 2 album studio.

Ke-11 single tersebut adalah "Be Somebody" (2014), "We All Lose (Holy Shit)" (2014), "Oh Well" (2014), "Why Did You Have to Go" (2015), "With Grace" (2015), "Beat the Ordinary" (2016), "Montage" (2016), "True Love" (2017), "Sour" (2018), "Pleaser" (2019), dan "I Believe in You" (2019).

Sementara itu, dua album mininya adalah Scenarios: A Short Film by Elephant Kind (2014) dan Promenades: A Short Film By Elephant Kind (2015). Dan dua album studionya adalah City J (2016), The Greatest Ever (2019).

Baca Juga: Inilah Daftar Nominasi AMI Awards ke 24 Tahun 2021, Ada 55 Kategori Gaes!

Prestasi Elephant Kind

Selama berkarir, Elephant Kind berhasil masuk ke 9 nominasi di berbagai penghargaan, dan satu diantaranya berhasil menjadi pemenang. 

9 nominasi tersebut adalah Indonesia Cutting-Edge Music Awards 2014, nominasi Best Indie Rock Track, Most Favorite Track, Most Favorite Group, Band or Duo, Favorite Newcomers (menang).

Lalu Anugerah Musik Indonesia 2017, nominasi Pedatang Baru Terbaik-Terbaik, Karya Produksi Alternatif/Alternatif Rock/Lintas Bidang Terbaik. Lalu Indonesian Choice Awards 2017, nominasi Breakthrough Artist of the Year.

Dan pada Anugerah Musik Indonesia 2019, nominasi Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi Alternatif Terbaik dan Tim Produksi Suara Terbaik.

Tampil di Mola Chill Festival London

Pada 29 Oktober 2021, Elephant Kind akan tampil di Mola Chill Festival London pukul 14.00 WIB. Acara ini akan disiarkan langsung Mola TV. 

Baca Juga: Biodata Alffy Rev Lengkap Umur dan Agama, Musisi Juga Komposer Berbakat Ciptakan Lagu The Spirit of Papua

Nah, itulah penjelasan mengenai Elephant Kind, Grup musik indie Tanah Air yang bakal tampil di Mola Chill Festival London.




Elephant KindMengenal Elephant KindPersonil Elephant KindAnggota Elephant KindAwal karier Elephant KindSingle Elephant KindAlbum Elephant KindArti nama Elephant KindPengaruh Elephant KindAliran Elephant KindPrestasi Elephant KindMola Chill Festival London

Share to: