Kisah Erick Thohir yang Gak Pernah Minta Jatah Menteri, Meski Posisinya Kuat~

Kisah Erick Thohir yang Gak Pernah Minta Jatah Menteri, Meski Posisinya Kuat~

Kisah Erick Thohir yang Gak Pernah Minta Jatah Menteri, Meski Posisinya Kuat~

Kisah Erick Thohir yang Gak Pernah Minta Jatah Menteri dalam Kolase (Foto: Istimewa)


Erick Thohir belum lama ini bercerita tentang dirinya yang tak pernah meminta jatah sebagai Menteri BUMN. Penasaran dengan kisahnya? Simak ulasannya berikut ini.

Erick Thohir mengaku tidak pernah meminta jabatan menjadi Menteri BUMN setelah terpilihnya Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden dalam pemilihan umum, meski dirinya memiliki posisi yang kuat. 

BACA JUGA: Fakta Asli Pengamat soal Erick Thohir Bisnis PCR: Ada Upaya Pembusukan Politik

Justru yang diinginkan Erick Thohir adalah menjadi tim di Komite Ekonomi Nasional (KEN). Menurutnya, tim KEN bisa memberikan nasehat, membuat peta jalan ekonomi nasional, hingga di posisi independensi gaes.

"Demi Allah, tidak minta jadi Menteri BUMN, saya masih ingat sekali, waktu itu saya, mas Wishnutama, karena memang kita cukup menjadi tim (sukses) waktu itu, dan terus terang kita ini kan orang swasta, tentu kita punya mimpi-mimpi sebagai orang swasta. Kalau mas Wishnu itukan selalu mikirnya digital konten dan lain-lain, kalau saya fokusnya di media dan sport, tapi juga sebenarnya kan pengusaha," kata Erick Thohir saat berbincang dengan Akbar Faizal di akun Youtubenya, Selasa 23 November 2021. 

Saat itu, ia bersama Raden Pardede, yang kini menjabat sebagai Sekretaris Eksekutif I Kementerian Koordinator Perekonomian, sudah menyusun konsep Komite Ekonomi Nasional persis dengan konsep yang dimiliki West Wing, komite ekonomi milik Amerika Serikat (AS). Namun, KEN sendiri diarahkan untuk melihat peta jalan (roadmap) ekonomi Indonesia.

"Gampang, kita contoh yang konkrit, kita duduk aja sama Pak Raden Pardede, waktu itu kita duduk sama Pak Raden Pardede, bikin konsep KEN yang seperti di Amerika kan, ada yang namanya West Wing, tetapi secara independensi untuk melihat roadmap Indonesia secara ekonomi ke depan, waktu itu," katanya.

Erick Thohir Dipercaya Jadi Menteri BUMN

Meski begitu, saat Erick Thohir dan sejumlah nama lain menghadiri panggilan Kepala Negara, justru yang diamankan Presiden kepada mereka adalah posisi yang berbeda gaes. 

BACA JUGA: Fakta dan Potret Jokowi Bareng Erick Thohir Jajal Sirkuit Mandalika, Keren Abis!

Dimana Erick dipercaya menjadi Menteri BUMN dan Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Erick Thohir Kaget dan Terbebani Jadi Menteri BUMN

Kala itu, Erick mengaku kaget dan merasa terbebani. Pasalnya, amanah yang diberikan Jokowi cukup berat, khususnya dalam menjalankan transformasi perusahaan pelat merah gaes. 

"Ketika beliau memanggil saya, termasuk mas Wishnutama, semua, ya kita terbebani dan terkaget-kaget, tetapi beliau menekankan saya perlu orang pekerja, profesional yang juga benar-benar mentransformasi BUMN seperti yang beliu cita-citakan," kata Erick Thohir. 

BACA JUGA: Erick Thohir Hadiri Kick Andy Show, Netizen Setelah Nonton: Penjelasan Detail

"Dan itu bukan pekerjaan yang mudah, dan sampai hari ini pun dibilang apakah saya sempurna melakukan sebagai kepemimpinan BUMN ya tidak pasti saya ada kekurangan di sana sini," lanjutnya mengakhiri.




Erick ThohirMenteri BUMN Erick ThohirKisah Erick ThohirKisah Erick Thohir Gak Minta Jadi MenteriErick Thohir Gak Minta Jadi MenteriErick Thohir Minta Jatah MenteriMenteri BUMNKisah Erick Thohir Jadi MenteriErick Thohir Jadi menteriCerita Erick Thohir Jadi MenteriJoko Widodo dan Ma'ruf Amin

Share to: