Sebut Transformasi Digital Indonesia Salah Kaprah, Wishnutama: Jangan Cuma Teknologinya

Sebut Transformasi Digital Indonesia Salah Kaprah, Wishnutama: Jangan Cuma Teknologinya

Foto

Ilustrasi (Foto: Pixabay)


Pakar digital Wishnutama Kusubandio mengungkapkan bahwa banyak yang salah kaprah dengan  transformasi digital di Indonesia saat ini. Baginya, transformasi digital tak hanya dilihat dari teknologinya saja.

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengungkapkan bahwa transformasi digital harus dilihat dari hal mendasarnya terlebih dahulu.

"Transformasi digital itu apa sih, agar kita bisa menyambut masa depan lebih baik, kita mesti berhasil melakukan transformasi digital, yang basic dulu lah jangan kejauhan," katanya dikutip dati iNews.

Baginya, transformasi digital tak hanya bisa dilihat dari teknologinya saja gaes!

Pasalnya, transformasi teknologi sejatinya bisa menjadi awalan bagaimana new economy dapat tercipta dan memberikan dampak yg signifikan untuk masyarakat dan juga negara.

Sementara Wishnutama menjabarkan bahwa teknologi hanya berperan 30 persen dalam kesuksesan transformasi digital lho!

Oleh karena itu, dia mengungkapkan bahwa hal yang membuat transfoemasi digital dapat berhasil adalah transformasi mindset atau pola pikir, transformasi pola kerja, tranformasi proses. 

"Nah ini yg terjadi sekarang, teknologinya di transformasi mindset, pola kerjanya bisnis, prosesnya tidak berubah, ngga akan berhasil sampai kapan pun juga kalau cuma teknologinya doang," Lanjutnya.

Dari sekian banyak yang ingin melakukan transformasi digital, tidak sampai 15 persen di dunia ini yang benar-benar menerapkannya. Hal ini lah yang menjadi tantangan kedepannya.




Wishnutama Kusubandiotransformasi digitaltransformasi digital IndonesiaDasar transformasi digitalBasic transformasi digitalWishnutamaApa itu transformasi digital

Share to: