Belum Debut, Girl Grup Baru JYP NMIXX Kena Kontroversi Plagiat Konsep Aespa hingga Enhypen

Belum Debut, Girl Grup Baru JYP NMIXX Kena Kontroversi Plagiat Konsep Aespa hingga Enhypen

Belum Debut, Girl Grup Baru JYP NMIXX Kena Kontroversi Plagiat Konsep Aespa hingga Enhypen

Kolase Foto Girl Grup Baru JYP NMIXX Kena Kontroversi Plagiat Konsep Aespa hingga Enhypen (Foto: Twitter)


Girl grup baru JYP, NMIXX baru-baru ini menuai kontroversi lantaran diduga plagiat konsep Aespa hingga Enhypen. Padahal, girl grup NMIXX belum resmi debut. 

NMIXX adalah girl grup bentukan JYP Entertainment yang kini masih belum debut. Girl grup ini dibentuk setelah 3 tahun lamanya JYP membentuk ITZY. 

Pihak agensi sendiri sudah merilis klip intro di mana terdapat anggota NMIXX di dalamnya. Video bertajuk [NMIXX] New Frontier Declaration ini pun menuai beragam reaksi publik. 

Hingga kini, video yang dirilis melalui YouTube channel JYP Entertainment tersebut sudah mendapat 759 ribu viewers. NMIXX sendiri dijadwalkan akan debut perdana di tanggal 22 Februari 2022 mendatang.

BACA JUGA: Biodata dan Profil 7 Anggota NMIXX, Girlgrup Baru Debut di JYP Entertainment

Dituding plagiat konsep Aespa

Meski belum resmi debut, NMIXX justru menuai beragam kontroversi. Terutama saat JYP merilis banyak foto teaser resmi NMIXX melalui sosial media. 

Banyak yang menilai bahwa JYP telah melakukan plagiat konsep SM Entertainment. Pasalnya konsep debut NMIXX dituding plagiat konsep aespa. 

Banyak netizen setuju dengan hal tersebut. Namun di sisi lain, banyak juga yang tak setuju dengan hal tersebut.

Namun banyak yang mengungkap bahwa konsep aespa dan NMIXX adalah sebuah gaya universal dan tak hanya dipatok untuk satu grup tertentu saja. Dengan kata lain, gaya atau konsep tersebut memang bisa diikuti oleh siapa saja. 

BACA JUGA: Biodata dan Profil Anggota Xdinary Heroes: Umur hingga Tinggi Badan, Band Asal JYP Baru Debut

Dituding jiplak Enhypen

Tak hanya aespa, NMIXX juga dinilai menjiplak grup Enhypen. Hal tersebut diungkap oleh para fans Enhypen, Engene melalui Twitter. Mereka memaparkan berbagai kesamaan NMIXX dan Enhypen yang telah lebih dulu debut.

Misalnya saja dalam video teaser perkenalan NMIXX yang mengusung narasi. Salah satu Engene menyoroti beberapa adegan, kata, hingga frasa yang digunakan dalam perkenalan NMIXX yang dinilai mirip dengan konsep Enhypen.

Belum berhenti sampai di situ, logo NMIXX dan fandom enhypen juga dinilai sama. Pasalnya, keduanya sama-sama menggunakan simbol 'kromosom' meski terdapat beberapa perbedaan. 

Meski bukan menjadi hak milik siapapun, Engene mengungkap bahwa logo tersebut sangat penting lantaran mewakili identitas tim dan bisa kehilangan esensi jika setiap grup memiliki logo yang sama.

BACA JUGA: Biodata dan Profil Lengkap 7 Member JYPn, Trainee Girlgrup Baru JYP yang Memesona

Engene pun meminta JYP Entertainment ikut menanggapi terkait rumor plagiat dan kontroversi yang terjadi kepada girl group baru mereka, NMIXX. Namun hingga kini, JYP belum mengungkap apapun terkait rumor tersebut. 




NMIXXKontroversi NMIXXJYP EntertainmentGirl Grup Baru JYPGirl Grup JYPNMIXX PlagiatEnhypenaespaNMIXX Plagiat EnhypenNMIXX Plagiat aespa

Share to: