Fakta-fakta Timnas Amputasi Indonesia, Lolos ke Piala Dunia 2022 Usai Lawan Malaysia Gaes!

Fakta-fakta Timnas Amputasi Indonesia, Lolos ke Piala Dunia 2022 Usai Lawan Malaysia Gaes!

Fakta-fakta Timnas Amputasi Indonesia, Lolos ke Piala Dunia 2022 Usai Lawan Malaysia Gaes!

Kolase Foto Timnas Amputasi Indonesia, Lolos ke Piala Dunia 2022 Usai Lawan Malaysia Gaes! (Foto: Instagram @inaf_official)


Simak yuk fakta-fakta Timnas Amputasi Indonesia yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 usai melawan Malaysia gaes. 

Timnas Amputasi Indonesia adalah tim nasional Indonesia yang berlaga di Piala Asia maupun Piala Dunia Sepak Bola Amputasi. 

Timnas Amputasi Indonesia memastikan kelolosannya ke piala dunia 2022 setelah menang melawan Malaysia dengan skor 3-0. Pertandingan Indonesia Malayasia tersebut digelar pada Minggu, 13 Maret 2022 di Kamalapur, Bangladesh. 

Sebelumnya, Timnas Amputasi Indonesia juga menang telak dari Bangladesh dengan skor 8-0 pada Sabtu, 12 Maret 2022 lalu. Hasil 2 kali kemenangan ini mengantarkan Timnas Amputasi Indonesia maju ke putaran final Amputee Football World Cup yang digelar di Turki pada Oktober 2022 mendatang. 

BACA JUGA: Biodata dan Profil Ragnar Oratmangoen: Umur, Agama dan Karier, Pesepak Bola Belanda Keturunan Indonesia

Kini publik pun mulai mencari tahu soal Timnas Amputasi Indonesia. Ini dia fakta-fakta Timnas Amputasi Indonesia yang berhasil dirangkum KUYOU. 

Mengenal Timnas Amputasi Indonesia

Timnas Amputasi Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Garuda INAF adalah tim yang membela Indonesia di ajang Piala Dunia atau piala Asia Sepak Bola Amputasi. 

Kini, Timnas Amputasi Indonesia berada di bawah naungan Perkumpulan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) atau Indonesia Amputee Football Association (INAF). 

INAF sendiri telah diresmikan sejak 3 Maret 2018 lalu dan diketuai oleh Yudhi Yahya. Organisasi ini menjadi pusat pembinaan sepakbola bagi disabilitas fisik, diantaranya seperti amputasi kaki, tangan, dan les autres. 

PSAI ini juga dibentuk untuk menjadi wadah minat dan bakat penyandang disabilitas agar memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri dan berprestasi. 

Tak hanya itu, PSAI juga ingin mempromosikan dan mempopulerkan sepak bola amputasi di Indonesia. PSAI juga berupaya untuk menghilangkan pandangan masyarakat terhadap disabilitas yang kerap dinilai lemah. 

Kompetisi Liga Amputasi Nasional

Sama seperti sepakbola lainnya, sepak bola amputasi ini juga menghadirkan kompetisi Liga 1 Amputasi Nasional sebagai wadah bagi disabilitas yang berminat di dunia bola. 

Kompetisi Liga 1 Amputasi Nasional ini sempat digelar di Jember, Jawa Timur beberapa waktu lalu. Selain untuk memperebutkan gelar juara, liga tersebut juga diselenggarakan untuk menyeleksi pemain Garuda INAF yang akan tampil di Kualifikasi Piala Dunia Amputasi 2022. 

Para peserta Liga 1 Amputasi Nasional ini juga berasal dari berbagai daerah, dari mulai Jember, Jakarta, Madura, Lumajang, hingga Banyuwangi. 

BACA JUGA: Biodata dan Profil Syamsir Alam: Umur, Agama dan Karier, Pesepak Bola Suami Bunga Jelita

Aturan / Regulasi Sepak Bola Amputasi

Sepak bola amputasi ini memiliki aturan atau regulasi yang sedikit berbeda dari sepak bola pada umumnya. 

Menurut regulasi induk organisasi sepak bola amputasi dunia (World Amputee Football Federation), standar pertandingan sepak bola amputasi menggunakan 7 pemain dengan durasi pertandingan 2x25 menit. 

Selain itu, pemain yang mengisi posisi bek, gelandang, atau penyerang harus menyandang amputasi di bagian kaki. Sementara itu, penjaga gawang amputasi bagian tangan. 

Para pemain yang berada di sepak bola amputasi ini juga tak diperbolehkan menggunakan kaki palsu dan harus memakai alat bantu tongkat kaki saat bermain sepak bola amputasi.

BACA JUGA: Fakta dan Profil Anggita Oktaviani, Bek Sepakbola Putri Persija Pacar Maell Lee

Itulah fakta-fakta tentang Timnas Amputasi Indonesia yang berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 setelah menang melawan Malaysia.




Timnas Amputasi IndonesiaFakta Timnas Amputasi IndonesiaMengenal Timnas Amputasi IndonesiaTujuan Timnas Amputasi IndonesiaTimnas Amputasi Indonesia LolosLolos Piala Dunia 2022Timnas Amputasi Indonesia Menang

Share to: