Tata Cara Sholat, Niat dan Doa Nisfu Syaban: Arab, Latin, dan Terjemahan

Tata Cara Sholat, Niat dan Doa Nisfu Syaban: Arab, Latin, dan Terjemahan

Tata Cara Sholat, Niat dan Doa Nisfu Syaban: Arab, Latin, dan Terjemahan

Kolase Foto Ilustrasi Sholat Doa Nisfu Syaban (Foto: Pexels)


Ini dia tata cara sholat dan doa Nisfu Syaban yang disajikan lengkap dengan arab, latin dan terjemahannya. 

Malam Nisfu Syaban adalah peringatan hari ke-15 bulan Syaban dalam kalender Islam. Dilansir dari berbagai sumber, malam Nisfu Syaban ini jatuh pada malam 18 Maret 2022. 

Pada malam ini umat muslim dianjurkan utnuk memperbanyak ibadan dan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan umat muslim adalah sholat sunnah Nisfu Syaban.

Sholat Nisfu Syaban ini bisa dilakukan seperti sholat wajib atau sunah pada biasanya, namun hanya niatnya saja yang berbeda. 

Ini dia cara sholat, niat dan doa Nisfu Syaban, dari arab, latin, dan terjemahannya. 

Cara dan Niat Sholat Sunnah Nisfu Syaban

اُصَلِّىْ سُنَّةً نِصْفُ شَعْبَانَ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatan Nisfu Sya'baana rak'ataini lillahita'ala.

Artinya: "Saya salat sunat Nisfu Sya'ban dua rakaat karena Allah Ta'ala".

Setelah mengucapkan niat, kamu bisa langsung melakukan sholat seperti biasanya, namun pada pembacaan setelah Al-Fatihah kamu dianjurkan membaca Surat Al-Kafirun. 

Lalu, pada rakaat kedua kamu dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas. Selain itu, pada malam Nisfu Syaban kamu juga dianjurkan untuk membaca kalimat 'Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadzdzoolimin'.

Doa Nisfu Syaban

Setelah melakukan shalat sunnah Nisfu Syaban, kamu bisa membaca doa khusus berikut ini. 

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Latin: "Allahumma ya dzal manni wa la yumannu ‘alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in‘am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma’manal khaifin. Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fi ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fi ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa‘idan marzuqan muwaffaqan lil khairat. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fi kitabikal munzal ‘ala lisani nabiyyikal mursal, “yamhullahu ma yasya’u wa yutsbitu, wa ‘indahu ummul kitab” wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammad wa ala alihi wa shahbihi wa sallama, walhamdu lillahi rabbil ‘alamin."

Artinya: “Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisiMu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku disisiMu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.”

Nah itulah tata cara sholat dan doa Nisfu Syaban, lengkap dengan bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya. Nisfu Syaban jatuh pada 17 Maret 2022. 




Nisfu SyabanCara Sholat Nisfu SyabanDoa Nisfu SyabanMalam Nisfu SyabanKapan Malam Nisfu SyabanTata Cara Sholat Nisfu SyabanAmalan Nisfu Syaban

Share to: