Fakta Kronologi Mendag Sikat Mafia Minyak Goreng, Harga dan Cuannya Gokil Gaes!

Fakta Kronologi Mendag Sikat Mafia Minyak Goreng, Harga dan Cuannya Gokil Gaes!

Fakta Kronologi Mendag Sikat Mafia Minyak Goreng, Harga dan Cuannya Gokil Gaes!

Kolase foto Fakta Kronologi Mendag Sikat Mafia Minyak Goreng (Foto: Berbagai sumber)


Simak nih kronologi Mendag sikat mafia minyak goreng, dari mulai harga hingga cuannya yang gokil abis gaes. 

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi baru-baru ini jadi sorotan lantaran mengungkap adanya dugaan mafia minyak goreng yang menyebabkan kelangkaan dan melambungnya harga minyak goreng. 

Hal tersebut diungkap oleh Mendag saat raker bersama Komisi VI DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022. 

Sebelumnya, pihaknya juga memaparkan kronologi hingga skema yang dilakukan oleh mafia minyak goreng dalam melancarkan aksinya. 

Ini dia fakta kronologi mendag sikat mafia minyak goreng yang disajikan lengkap dari harga hingga cuannya. 

Kronologi permainan mafia minyak goreng

Mendag Lutfi mengungkap kecurigaannya terhadap permainan mafia di balik minyak goreng yang mahal dan langka. Bukan tanpa alasan, berdasarkan catatan Kementerian Perdagangan (Kemendag) sejak 28 hari terakhir, sudah terkumpul lebih dari 500 juta liter minyak goreng untuk masyarakat.

Meski persediaannya melimpah, ketersediaan minyak goreng di beberapa daerah justru  minim, bahkan tak ada sama sekali. Pada 3 daerah inilah yang diduga adanya permainan mafia minyak goreng. 

Harga minyak goreng

Meski jumlahnya berlimpah, harga yang ada di pasaran tak sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu Rp11.500 per liter untuk minyak goreng curah, Rp13.500 per liter untuk minyak greng kemasan sederhana, dan Rp14.000 per liter untuk minyak goreng premium. 

"Sekarang ini kami juga masih melihat kemungkinan-kemungkinan. Karena tingginya harga CPO dunia, menyebabkan orang-orang yang sebelumnya tidak berpikir untuk berbuat curang, bisa-bisa berbuat curang," kata Lutfi. 

Tak takut mafia minyak goreng

Lutfi juga mengungkap bahwa pihaknya tak takut melawan mafia minyak goreng. Ia bahkan mengaku sudah mengantongi pihak-pihak yang diduga terlibat dalam skema mafia minyak goreng. 

"Nah ini yang kami cek. Kami peringatkan, terutama bagi mafia minyak goreng yang berusaha mendapatkan keuntungan seaat, kami akan data, kami tertibkan, dan kami akan sikat bersama," tegas Lutfi. 




Mendag sikat mafiaMendag sikat mafia minyak gorengMuhammad LutfiMendag LutfiMenteri PerdaganganKementrian PerdaganganMafia Minyak GorengMendag Ungkap Mafia Minyak GorengMendag Umumkan mafia Minyak GorengMendag Tak takut mafiaMendag Lutfi Lawan MafiaMendag Lawan Mafia MinyakTersangka Mafia Minyak Goreng

Share to: