1 April 2022 Adalah April Fools' Day atau Mop, Berikut Fakta Sejarah dan Cara Merayakannya

1 April 2022 Adalah April Fools' Day atau Mop, Berikut Fakta Sejarah dan Cara Merayakannya

1 April 2022 Adalah April Fools' Day atau Mop, Berikut Fakta Sejarah dan Cara Merayakannya

Apa itu April Fools' Day atau Mop? (Foto: Ilustrasi Pixabay)


1 April 2022 adalah perayaan hari April Fools' Day atau April Mop. Apa itu? Yuk simak ulasan lengkap sejarah dan cara merayakannya berikut ini!

April Mop adalah sebuah perayaan yang diselenggarakan setiap tanggal 1 April. Perayaan ini dilakukan dengan cara dan budaya yang berbeda di setiap negara. 

Meskipun asal-muasalnya masih menjadi misteri, namun beberapa fakta sejarah yang muncul mungkin bisa menjawab pertanyaan kamu tentang "bagaimana awal mula April Mop?"

Baca Juga: Daftar Grup dan Solois KPOP yang Akan Comeback April 2022, Ada BIGBANG hingga Kwon Eunbi

Bagaimana cara merayakan April Mop? Biasanya orang-orang akan bermain hoax atau lelucon praktis pada orang lain. Mereka kemudian meneriakkan "April Mop!" di akhir untuk petunjuk dalam subjek lelucon.

Awal Mula April Mop

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa April Mop tanggal kembali ke 1582, ketika Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian, seperti yang disebut oleh Dewan Trent pada tahun 1563. 

Dalam Kalender Julian, seperti dalam kalender Hindu, tahun baru dimulai dengan ekuinoks musim semi sekitar 1 April.

Nah, banyak orang yang tidak menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke 1 Januari dan terus merayakannya selama minggu terakhir bulan Maret hingga 1 April. Sementara orang lain yang mengetahui bahwa tahun baru sudah pindah menjadikan 1 April sebagai bahan lelucon dan hoaks dan disebut "April Fools’ Day."

Lelucon ini termasuk melakukan prank, menjahili orang lain dan melakukan tipuan lainnya.

Sejarawan juga menghubungkan Hari April Mop dengan festival seperti Hilaria (Latin untuk kegembiraan), yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Ini melibatkan orang-orang berdandan dalam penyamaran dan mengejek sesama warga dan bahkan hakim dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir Isis, Osiris dan Seth.

Ada juga spekulasi bahwa Hari April Mop terkait dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di belahan bumi utara, ketika alam menipu orang-orang dengan cuaca yang berubah dan tidak dapat diprediksi.

Sejarah Menyebarnya April Mop

Hari April Mop menyebar ke seluruh Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi menjadi acara dua hari, dimulai dengan "berburu gowk", di mana orang dikirim untuk tugas palsu.

Sementara di zaman modern, orang telah berusaha keras untuk membuat tipuan Hari April Mop yang rumit. Surat kabar, stasiun radio dan TV, serta situs web telah berpartisipasi dalam tradisi 1 April yang melaporkan klaim fiktif keterlaluan yang telah membodohi audiens mereka.

Bahkan April Mop menjadi salah satu teknik marketing sejumlah produk untuk membuat sebuah prank yang lucu dan menjebak.

Bagaimana Cara Merayakan April Mop?

Meskipun banyak negara dan budaya merayakan hari itu pada waktu yang berbeda dan dengan cara yang berbeda, mereka semua senang mengerjai teman dan keluarga mereka.

Beberapa cara merayakannya adalah dengan melakukan prank, tipuan, jebakan, hoax dan banyak lagi. Kamu bisa melakukannya sejak akhir Maret dan mengakuinya pada 1 April dengan teriakan "April Mop!" di akhir.

Nah, itu dia fakta sejarah lengkap cara merayakan hari April Fools' Day atau April Mop yang jatuh pada tanggal 1 April 2022 ini. Selamat mencoba!




April Fools DayApril Fools Day AdalahApa itu April Fools DaySejarah April Fools DayFakta April Fools DayAwal Mula April Fools Day1 April 20221 April hari ApaApril MopApril Mop AdalahApa itu April MopSejarah April MopFakta April Mop

Share to: