Apakah Menelan Ludah dan Sikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Lengkapnya Gaes!

Apakah Menelan Ludah dan Sikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Lengkapnya Gaes!

Foto

Kolase Foto ilustrasi Menelan Ludah dan Sikat Gigi Bisa Membatalkan Puasa (Foto: Pexels)


Umat muslim kini tengah menjalani puasa Ramadan 2022. Selama menjalani ibadah puasa, umat muslim menahan diri dari makan dan minum atau melakukan perbuatan yang membatalkannya. 

Banyak yang bertanya apakah menelan ludah dan sikat gigi bisa membatalkan puasa? 

Menurut Buya Yahya dalam video yang diunggah melalui TikTok @acik_salama, menelan ludah tak membatalkan puasa, dengan catatan ludah itu adalah ludahnya sendiri. 

Buya Yahya juga menjelaskan soal berkumur atau menyikat gigi. Menurutnya, berkumur tidak membatalkan puasa jika sisa kumur-kumur tersebut tak ditelan. 

BACA JUGA: Jelang Ramadan 2022, Ini Dia Bacaan Niat dan Doa Buka Puasa, Lengkap Arab Hingga Artinya

Apakah menelan ludah membatalkan puasa?

Menurut Buya Yahya, menelan ludah tak akan membatalkan puasa dengan tiga catatan penting. Diantaranya, menelan ludah sendiri, menelan ludah yang belum bercampur dengan apapun, dan menelan ludah yang masih ada di mulut sendiri. 

"Nelen ludah itu tidak membatalkan puasa dengan 3 catatan, yang pertama ludahmu sendiri, yang kedua ludah masih ada di mulutnya," ungkap Buya Yahya. 

"yang ketiga, ludah itu ditelah tidak membatalkan puasa asalkan ludah tersebut masih asli, belum bercampur dengan yang lainnya. Belum bercampur sama permen, belum bercampur sama kopi, belum campur sama eskrim," tambah Buya Yahya. 

BACA JUGA: Puasa Ramadan 2022 Mulai Kapan? Menag Umumkan Puasa Mulai 3 April Melalui Sidang Isbat

Bergosok gigi batalkan puasa?

Buya Yahya mengungkap soal hukum berkumur. Menurutnya, berkumur saat wudhu tidak akan membatalkan puasa asalkan sisa air kumur tersebut dibuang seratus persen. 

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indoneisa (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis mengungkap bahwa menyikat gigi di siang hari tidak membatalkan puasa. 

Namun, Cholil mengungkap bahwa sikat gigi dianjurkan untuk dilakukan setelah sahur dan sebelum shalat zuhur. Jika sikat gigi dilakukan setelah zuhur, hukumnya makruh. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Sambut Ramadan 2022 Lengkap Arab, Latin, dan Artinya, Biar Puasa Lebih Afdhal Gaes!

Itulah penjelasan terkait menelan ludah dan sikat gigi saat puasa Ramadan. 




menelan ludah saat puasahukum menelan ludah saat puasamenelan ludah batalkan puasaSikat Gigi Saat PuasaHukum Menyikat Gigi saat puasaRamadan 2022telan ludah saat puasasikat gigi tidak batalkan puasa

Share to: