15 April 2022 Adalah Hari Jumat Agung, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan Good Friday

15 April 2022 Adalah Hari Jumat Agung, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan Good Friday

15 April 2022 Adalah Hari Jumat Agung, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasan Good Friday

Fakta dan Sejarah Jumat Agung atau Good Friday 15 April 2022 (Foto: Pixabay)


Yuk simak fakta sejarah dan ulasan lengkap tentang Jumat Agung atau Good Friday yang jatuh pada 15 April 2022 gaes!

Merupakan perayaan yang penting bagi umat Kristen, Paskah adalah hari kebangkitan Yesus Kristus. Sementara tiga hari sebelumnya, yakni Jumat, merupakan peristiwa sakral lainnya yakni  penyaliban Yesus Kristus dan kematiannya di Kalvari. 

Sementara itu, Paskah juga memperingati peristiwa dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Jumat Agung 15 April 2022, Lengkap Misa Tri Hari Suci

Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan. Pada hari Minggu, Yesus akan bangkit pada hari yang ke tiga setelah Jumat Agung.

Fakta Sejarah Jumat Agung atau Good Friday

(Foto: vaticannews)

Apa itu Jumat Agung atau Good Friday?

Besok, 15 April 2022 merupakan hari perayaan Jumat Agung yang menandai hari penyaliban Yesus Kristus dan kematiannya di Kalvari.

Kisah-kisah dalam Injil berbicara tentang bagaimana tentara kerajaan, di bawah kepemimpinan murid Kristus, Yudas Iscariot, menangkapnya di Taman Getsemani. Yesus diyakini telah membawa salibnya ke tempat eksekusi yang disebut "bukit tengkorak" atau Golgota. Dia akhirnya disalib bersama dua penjahat lainnya.

(Foto: Pixabay)

Yesus dikatakan menderita di salib selama enam jam. Dalam tiga jam terakhir, tanah menjadi sangat gelap. Segera, dia melepaskan semangatnya dengan tangisan keras. 

Tubuh Yesus dibungkus kain kafan yang bersih dan dibawa oleh Yusuf dari Arimatea dan ditempatkan di makam barunya sendiri.

Beberapa orang percaya bahwa Jumat Agung berasal dari kata-kata “God’s Friday”. Yang lain menafsirkan "Good Friday" atau "Holy Friday". Hari ini juga dikenal sebagai Black Friday atau Sorrowful Friday.

(Foto: Pixabay)

Pada Jumat Agung, semua umat Kristen di ambil bagian dalam kebaktian dan puasa. Sebagian besar dari kebaktian ini diadakan pada sore hari, sekitar tengah hari hingga jam 3 sore, untuk menandai jam ketika Yesus tergantung di kayu salib. 

Mereka biasanya serempak menggunakan pakaian hitam dan juga mengganti ornamen gereja menjadi serba hitam.

Sementara itu, akan juga ada Misa Tri Hari Suci mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci hingga Minggu Paskah yang diperingati secara berturut-turut dengan ibadah.

Nah, itu dia fakta sejarah dan ulasan lengkap tentang Jumat Agung atau Good Friday yang jatuh pada 15 April 2022




Jumat AgungPerayaan Jumat AgungApa itu Jumat AgungPengertian Jumat AgungFakta Sejarah Jumat AgungGood FridayFakta Sejarah Good FridayUlasan Good FridayPaskah 2022Jumat Agung 2022

Share to: