Tips dan Cara Hilangkan Kecanduan Game Online untuk Anak

Tips dan Cara Hilangkan Kecanduan Game Online untuk Anak

Tips dan Cara Hilangkan Kecanduan Game Online untuk Anak

Tips dan Cara Menghilangkan Kecanduan Game Online untuk Anak dalam Kolase (Foto: Istimewa)


Buat kamu yang masih bingung cara menghilangkan kecanduan game online untuk anak, Yuk simak tipsnya berikut ini gaes.  

Tak hanya orang dewasa, sekarang memang banyak sekali anak-anak yang ikut bermain game online. Namun, jika sering memainkannya game ternyata dapat memicu indikasi atau kecanduan yang berbahaya bagi anak-anak lho gaes.

Bahkan, World Health Organization (WHO) menetapkan kecanduan game online merupakan salah satu kategori mental disoder gaes. Makanya, anak-anak yang bermain game online hingga berjam-jam jangan dibiarkan nih. 

BACA JUGA: Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran Supaya Timbangan Normal Lagi

Nah, berikut adalah tips dan cara hilangkan kecanduan game online untuk anak yang bisa kamu lakukan berdasarkan rangkuman Tim KUYOU.id dari berbagai sumber untuk kamu. 

Coba Alihkan dengan Kegiatan Fisik yang Seru dan Menantang

Karena game online selalu membuat seru saat dimainkan, maka dari itu kamu bisa mengalihkan perhatian anak dari kecanduan game dengan melakukan kegiatan fisik yang seru tapi menantang gaes.

Kamu bisa mencoba olahraga, seperti mengajak si kecil bermain basket atau bola. Jika sang anak bisa mengalahkan kamu, jangan lupa untuk memberikannya hadiah ya!

Gunakan Game Sebagai Penghargaan Jika sudah Menyelesaikan Tugas

Menjadikan game sebagai hadiah setelah sang anak menyelesaikan tugas atau kegiatan fisik juga bisa mengurangi kecanduannya terhadap game lho.

Selain itu, kamu juga harus membiasakan  untuk menentukam batas waktu bermain game online supaya kondisi kesehatan sang anak tetap terkontrol gaes.

Selalu Aktifkan Fitur Kids Space di Handphone

Tips dan cara lain untuk menghilangkan kecanduan game online untuk adalah dengan selalu mengaktifkan fitur parental control di handphone gaes.

Tapi kamu juga harus memastikan kalau fitur parental control yang kamu gunakan bisa melindungi anak dari penggunaan handphone yang berlebihan dan tidak gampang dibobol. Contohnya seperti fitur Kids Space yang ada di Oppo A74 gaes.

Pasalnya, fitur ini akan membantu kamu mengatasi kecanduan gadget pada anak secara mudah gaes.

Saat kamu mengaktifkan fitir ini, kamu bisa menetukan aplikasi mana saja yang boleh di akses sang anak dari duarasi penggunaan yang bisa di atur mulai dari 15 menit gaes.

BACA JUGA: Tips Memaafkan dengan Iklhas Saat Lebaran

Selain itu, Kids Space juga bisa mencegah anak melakukan pembelian item di dalam game atau aplikasi yang sedang mereka gunakan. Bahkan yang lebih canggihnya lagi, orang tua bisa membatasi penggunaan kuota internet dengan fitur Kids Space ini gaes.

Carilah Kegiatan Sesuai dengan Game Favorit Anak

Kamu juga bisa mengajak anak mencoba kegiatan yang sesuai dengan game favoritnya gaes.

Kalau anak kamu suka game memasak, cobalah ajak ia memperaktikannya secara langsung dengan mengikuti kursus memasak khusus anak-anak. 

Tapi kalau sang anak suka game perang berlatar sejarah, kamu sebagai orang tua bisa mengajaknya ke museum yang berkaitan dengan sejarah perang gaes. 

Tujuan tips ini adalah supaya anak menjadi lebih kreatif dan membantunya melihat aspek lain dari game online favorit mereka dengan sesuatu yang lebih terlihat nyata gaes.

Bantulah Anak Untuk Mewujudkan Bucket List

Tips dan cara ini bertujuan untuk membuat sang anak memiliki tujuan jangka panjang agar dirinya gak selalu memikirkan game online gaes.

Cara awalnya, kamu bisa menentukan buvket list yang anak kamu ingin lakukan sebelum lulus sekolah SD atau sebelum dia berusia 17 tahun. 

Lalu beri tahu sang anak bahwa untuk mencapai tujuan jangka panjang tersebut ada beberapa langkah yang harus ia lakukan. Sama halnya dengan game, untuk mencapai sebuah misi, biasanya selalu ada jalur yang harus dilewati.

Contohnya nih, kalau sang anak ingin mejadi juara di kompetisi memasak, maka ia harus selalu melatih kemampuan memasaknya. Seperti memotong bahan makanan yang benar. Selain itu juga ajarkan anak untuk mengenal berbagai macan bumbu sampai teknik-teknik memasak gaes.

BACA JUGA: 8 Akun TikTok Bagikan Tips dan Trick Bisnis dan Keuangan, Calon Pengusaha Muda Wajib Follow!

Nah, itu dia beberapa tips dan cara hilangkan kecanduan game online untuk anak yang bisa kamu lakukan gaes.




Tips Hilangkan Kecanduan Game OnlineCara Hilangkan Kecanduan GameKecanduan Game OnlineTips dan Cara Hilangkan KecanduanAnak Kecanduan GameGame Online

Share to: