Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lengkap Telegram Sebelum Pilih Whatsapp

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lengkap Telegram Sebelum Pilih Whatsapp

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lengkap Telegram Sebelum Pilih Whatsapp

Kelebihan dan Kekurangan Telegram (Foto: Pixabay)


Siapa disini yang beralih dari WhatsApp karena peraturan kebijakan privasi baru? Sebelum pindah, yuk kenali kelebihan dan kekurangan Telegram berikut ini!

Seperti yang kita ketahui, kedua aplikasi ini memang saling bersaing dan bahkan adu sindir di sosial media. Hal ini terjadi karena peraturan privasi baru WhatsApp per 15 Mei 2021 kemarin. 

Gara-gara WhatsApp memaksa 2 miliar penggunanya untuk menerima persyaratan baru yang kontroversial itu atau kehilangan penggunaan akun mereka, Telegram berikan serangan awal melalui sebuah meme yang menyindir.

Baca Juga: Kenali Kelebihan dan Kekurangan Lengkap Whatsapp Sebelum Pilih Telegram

Gara-gara meme tersebut, aksi saling serang antara kedua aplikasi chatting ini pun terjadi.

Nah, buat kamu yang masih bingung dengan kebijakan privasi bari dari WhatsApp dan ingin pindah ke Telegram, yuk simak dulu fakta kelebihan dan kekurangan Telegram berikut ini!

Apa Kelebihan Telegram Dibanding WhatsApp?

Sejujurnya, Telegram memiliki banyak fitur yang cangih dan kekinian dibandingkan dengan WhatsApp. 

Di Indonesia, WA merupakan salah satu aplikasi chat profesional yang kebanyakn digunakan oleh para pekerja. Jadi fitur-fitur kekinian seperti yang dimiliki Telegram kurang menarik perhatian para pengguna yang sudah berusia.

Namun, salah satu kelebihan yang cukup menggiurkan dari Telegram adalah unlimited server storage. Hal ini berarti Telegram menyimpan pesan teks, file media gambar & dokumen kamu di cloud mereka.

Baca Juga: Kumpulan Ibu-ibu Marah Saat Pandemi dan Penyekatan Mudik

Jadi, kamu bisa keluar dan masuk beberapa kali dari sejumlah perangkat secara bersamaan tanpa kehilangan data apa pun dan tanpa khawatir dengan pencadangan dan pemulihan. Sementara di WA, pencadangan dam pemulihan terus muncul secara berkelanjutan.

Nah, fitur kekinian lainnya yang cocok banget buat anak muda adalah grup. Di Telegram, kamu bisa bergabung dengan grup dengan maksimal 200.000 anggota gaes!

Telegram juga berlaku seperti sosial media kebanyakan, karena kamu memiliki fitur username yang membantu pengguna berkomunikasi dengan siapa pun meski memiliki nomor kontak.

Telegram bahkan memiliki Bot yang menjadi salah satu keunggulan mengapa aplikasi ini menarik banyak minat. Bot ini sangat populer, pasalnya dia bisa melakukan berbagai tugas dari penggunanya, mulai dari mengambil gambar, menjawab pertanyaan kamu, sticker hingga gif.

Terakhir, pengguna dapat mengirim segala jenis file melalui Telegram, sementara di WhatsApp, gambar dan video yang kamu kirim terbatas.

Apa Kekurangan Telegram Dibanding WhatsApp?

Menjadi pembahasan yang cukup serius, salah satu kekurangan Telegram adalah apa yang menjadi serangan balik WA dalam sindiran di Twitter beberapa waktu lalu.

Faktanya, arsitektur berbasis cloud Telegram merupakan risiko serius jika dibandingkan dengan the end-to-end default encryption yang digunakan oleh WhatsApp.

Semua pesan grup di Telegram hanya dienkripsi antara perangkat kamu dan Telegram, sehingga riwayat pesan disimpan di cloud mereka. Pastikan kamu memahami bahwa Telegram memiliki kunci dekripsi untuk setiap data yang disimpan di cloud-nya.

Sementara itu, Telegram gak memiliki fitur stories layaknya Facebook dan juga Instagram yang akan hilang setelah 24 jam. Fitur ini sangat digemari oleh para pengguna lanjut usia yang gak memiliki Instagram.

Baca Juga: Biodata Andrea Meza Lengkap Agama dan Umur, Miss Universe 2020 Terpilih Asal Mexico

Gak hanya itu, hingga saat ini Telegram masih belum bisa memberlakukan video call group, yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dengan tiga orang atau lebih. Meski begitu, mereka tengah mempertimbangkan untuk membuatnya lho!

Nah, itu dia fakta kelebihan dan kekurangan Telegram dibanding WhatsApp. Kamu lebih suka menggunakan yang mana nih?




WhatsAppWhatsApp vs TelegramWhatsApp Sindir TelegramTelegramKelebihan TelegramKekurangan TelegramKeungglan TelegramKenapa Harus Menggunakan Telegram

Share to: