Arti Kata dan Makna Bias dalam K-POP: Ultimate hingga Wrecker yang Wajib Diketahui

Arti Kata dan Makna Bias dalam K-POP: Ultimate hingga Wrecker yang Wajib Diketahui

Foto

Potret BTS, Ilustrasi Arti Kata dan Makna Bias dalam K-POP (Foto: Instagram @bts.bighitofficial)


Bagi kamu yang memiliki teman yang menjadi fans K-POP pasti sering mendengar istilah kata 'bias'. Simak yuk arti kata dan makna bias dalam K-POP dari mulai Ultimate hingga Wrecker yang wajib banget kamu ketahui nih gaes. 

Bias adalah istilah dalam dunia K-POP yang merujuk pada idola K-POP yang didukung atau difavoritkan. Kata Bias sering digunakan oleh kalangan fandom K-POP untuk menyebut idolanya yang menjadi member dalam sebuah grup K-POP. 

Namun hingga kini masih banyak yang penasaran arti bias sesungguhnya hingga jenis-jenis lain selain bias dalam dunia K-POP. 

BACA JUGA: Ranking Girl Group Brand Reputation Mei 2022, IVE Puncaki Peringkat Pertama

Arti kata dan makna Bias di dunia K-POP

Bias sendiri berasal dari bahasa Inggris. Dilansir dari kamus Cambridge, Bias memiliki arti 'showing unfair support for or possition to someone or something because of your personal opinions', atau dalam bahasa Indonesia berarti 'menunjukkan dukungan yang tak adil' atau berarti 'penentangan terhadap seseorang atau seseuatu karena pendapat pribadi'.

Dalam dunia K-POP sendiri, bias merujuk pada pengertian pertama yang berarti memberikan dukungan kepada satu orang lebih banyak dari yang lainnya. 

Bisa dikatakan bahwa bias dalam dunia K-POP adalah member paling favorit dari sebuah idol group. 

Seperti diketahui, idol group K-POP biasanya memiliki banyak member dengan karakter bahkan kelebihan berbeda. Biasanya, fandom K-POP memiliki satu member yang paling disukai diantara member lainnya.

Misalnya saja, kamu sangat menyukai V BTS diantaran member BTS lainnya karena gayanya yang keren dan dancenya yang energik. Dari situlah V disebut sebagai biasmu. 

Jadi, kamu gak perlu bingung ketika mendapat pertanyaan, 'siapa bias kamu?' Kamu bisa menjawab dengan kalimat seperti 'biasku adalah V BTS', atau bisa juga 'Biasku adalah Sana Twice', dan masih banyak lagi. 

BACA JUGA: Daftar Grup dan Solois KPOP yang Akan Comeback April 2022, Ada BIGBANG hingga Kwon Eunbi

Jenis-jenis istilah bias, Ultimate dan Wrecker

Bias ternyata juga memiliki jenis lainnya yang berkembang di kalangan fandom K-POP. Diantaranya adalah ultimate bias dan bias wrecker. 

Jadi, ultimate bias atau yang juga dikenal dengan ult bias adalah member terfavorit nomor satu yang ada di list kamu. Ultimate Bias digunakan jika seorang fandom K-POP memiliki bias lebih dari satu.

Misalnya aja, bias kami di BTS adalah V, J-Hope, dan Jimin. Diantara bias tersebut, kamu paling menyukai V, jadi Ultimate Bias kamu adalah V. 

Tak hanya ultimate, bias juga mengenal istilah bias wrecker. Biasanya istilah bias wrecker merujuk pada anggota yang bisa menggoyahkan hati kamu dalam memilih bias. 

Misalnya kamu memiliki bias Lisa Blackpink, namun di sisi lain kamu menyukai performance Jennie dan lupa dengan ultimate biasmu, Lisa. Dari situlah kamu bisa menyebut Jennie sebagai bias wrecker.

BACA JUGA: Ini Posisi Visual, Face Of Group dan Center Girl Grup KPOP EVERGLOW

Nah itu dia arti kata dan makna dari bias dalam K-POP, dari mulai ultimate bias hingga bias wrecker. 




Arti Kata BiasBias dalam dunia KPOPApa itu BiasArti BiasMakna Biasarti kata Ultimate Biasmakna Ultimate Biasmengenal istilah Ultimate Bias

Share to: