Arti kata Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, Ucapan Selamat Waisak dan Cara Menjawab yang Baik dan benar

Arti kata Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, Ucapan Selamat Waisak dan Cara Menjawab yang Baik dan benar

Foto

Arti kata Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta (Foto: Berbagai sumber)


Yuk simak arti kata Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, yang merupakan ucapan selamat Waisak beserta cara menjawabnya yang baik dan benar.

Pada 16 Mei 2022, seluruh umat Buddha di dunia akan memperingati Hari Raya Waisak 2566 BE atau 2022. Waisak sendiri adalah hari suci agama Buddha.

Pada setiap ucapan selamat Waisak, terdapat sebuah kata selalu muncul. Kata tersebut adalah Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Lalu, apa arti dari kata tersebut dan bagaimana cara menjawabnya?

Baca Juga: 16 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Raya Waisak, Ini Fakta Sejarah dan Ulasannya

Berikut kami berikan ulasan mengenai arti kata Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, yang merupakan ucapan selamat Waisak beserta cara menjawabnya yang baik dan benar.

Arti Kata Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta adalah sebuah kata yang selalu muncul dalam ucapan selamat Waisak. Diketahui bahwa arti dari kata Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta ini adalah  "semoga semua makhluk bahagia".

Jadi, Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta adalah kata-kata untuk mendoakan semua makhluk agar bahagia, bukan hanya manusia, namun seluruh makhluk termasuk hewan dan tumbuhan.

Cara Menjawabnya

Sementara itu, untuk cara menjawab ucapan Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta jni adalah melakukan perintah sesuai makna dari Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta yakni menolong semua makhluk hidup.

Jika kepada manusia bisa dengan saling tolong menolong di antara manusia dan saling bertoleransi. Tidak berbuat kejahatan dan melakukan perbuatan tercela. Apabila belum dapat membantu orang lain, setidaknya jangan merugikan. 

Lalu kepada hewan, bisa dengan menyayangi dan memberi makan hewan tersebut. Begitu pula kepada tanaman, jaga dan lindungi tanaman disekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, dan kalau bisa menanam pohon.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari Raya Waisak 2022 Bahasa Inggris dan Indonesia, Untuk Status WA dan Facebook

Nah, itulah arti kata Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, yang merupakan ucapan selamat Waisak beserta cara menjawabnya yang baik dan benar.




Ucapan selamat WaisakSabbe Satta Bhavantu SukhitattaArti Sabbe Satta Bhavantu SukhitattaCara menjawab Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta

Share to: