Miliki Hubungan yang Dekat, Emrus Sihombing: Erick Thohir dan NU Punya Kesamaan

Miliki Hubungan yang Dekat, Emrus Sihombing: Erick Thohir dan NU Punya Kesamaan

Foto

Erick Thohir dan NU Punya Kesamaan (Foto: Istimewa)


Pengamat politik menilai Erick Thohir dan Nahdlatul Ulama (NU) mempunyai kesamaan, selain itu mereka juga memiliki hubungan yang dekat.

Hal ini dungkapkan oleh pengamat politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing. Emrus mengatakan bahwa Erick Thohir dan NU memiliki kesamaan dalam beberapa hal.

Tak hanya itu, Emrus juga menilai bahwa Erick Thohir dan NU memiliki hubungan yang dekat. Dimana diketahui ada beberapa program Erick Thohir yang ada kaitannya dengan NU, serta Erick yang kerap diundang dalam berbagai acara NU.

Baca Juga: Dipercaya Pimpin BUMN, Figur Erick Thohir Dipercaya Oleh Presiden Jokowi

Kedekatan dan Kesamaan Erick Thohir dan NU

Salah satu bukti kedekatan Erick Thohir dan Nu adalah saat Erick Thohir mendapatkan tugas sebagai ketua panitia Harlah NU ke-100 tahun. Selain itu, Menteri BUMN tersebut juga diketahui merupakan anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

"Saya melihat ada kesamaan atau homofili (Erick dan NU) oleh karena itulah saya melihat terbuka lebar bahwa Erick Thohir akan didukung. Karena NU kan gak bisa berpolitik praktis tetapi akan mendukung sosok-sosok calon Presiden yang berakhlak salah satu adalah yaitu yang berakhlak menurut saya adalah Erick Thohir,” ujar Emrus.

Emrus mengatakan bahwa Erick Thohir dan NU juga memiliki kesamaan dalam mengedepankan akhlak, pluralitas, dan menjaga NKRI.

Pengamat politik tersebut menilai NU memiliki kepentingan untuk menjaga bangsa dan negara termasuk mendukung pemimpin yang baik ke depannya, namun NU tidak bisa terlibat secara langsung. Dan Emrus melihat sosok pemimpin yang memenuhi kriteria NU adalah Erick Thohir.

“Jadi antara Erick dan NU semacam ini adalah saya sebut sebagai kepentingan bangsa dan negara jadi bukan politik pragmatis, kerana apapun organsiasi apapun di Republik ini, agama manapun di Republik ini harus menaruh perhatian terhadap kebangsaan kita, termasuk didalamnya siapa memimpn bangsa kita kedepan,” ucap Emrus.

Emrus Sihombing mengatakan bahwa Erick Thohir merupakan salah satu tokoh yang secara terbuka mengedepankan Bhineka Tunggal Ika, kebersamaan, pluralitas serta kesatuan.

“Saya belum melihat perilaku Erick Thohir yang eksklusif dia adalah sosok inklusif. Jadi saya pikir bisa kita terima dari relasi positif antara Erick dan NU dan tidak menutup kemungkinan dan terbuka lebar bahwa Erick Thohir sebagai kandidat salah satu presiden yang boleh jadi di dukung oleh NU ke depannya,” kata Emrus. 

Program Kerja Erick Thohir dengan Pondok Pesantren

Diketahui bahwa Erick Thohir sendiri memang memiliki sejumah program yang ada kaitannya dengan Pondok Pesantren, salah satunya komitmen menjadikan pondok pesantren (ponpes) sebagai mercusuar peradaban dan sebagai salah satu motor penggerak ekonomi umat.

Beberapa bentuk komitmen Erick Thohir tersebut adalah Program BUMNU (Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama) yang dimulai dari pendirian 250 BUMNU baru tahun ini.

Lalu ada, Program Santripreneur dan Santri Magang di BUMN yang diharapkan dapat mengembangkan bakat para santri dalam pengembangan ekosistem bisnis dan ekonomi syariah melalui perspektif ilmu fiqih yang dikuasai.

Baca Juga: Pengamat Politik Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres 2024, Ini Alasanya Gaes!

Serta ada program beasiswa pendidikan S2 yang dapat diikuti guru dan pengajar di pesantren. Selain ketiga program tersebut, ada pula beberapa program lainnya yang semuanya Erick Thohir lakukan untuk menjadikan ponpes sebagai mercusuar peradaban dan sebagai salah satu motor penggerak ekonomi umat.




Erick ThohirNahdlatul UlamaNUErick Thohir Nahdlatul UlamaErick Thohir dan NUKesamaan Erick Thohir dan NUKedekatan Erick Thohir dan NU

Share to: