14 Juni 2022 Adalah Hari Donor Darah Sedunia, Simak Fakta Sejarah dan Ulasannya

14 Juni 2022 Adalah Hari Donor Darah Sedunia, Simak Fakta Sejarah dan Ulasannya

Foto

Ilustrasi Donor Darah (Foto: Pixabay)


Berikut adalah fakta sejarah dan ulasan tentang Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day (WBDD) yang diperingati setiap tanggal 14 Juni setiap tahunnya.

Hari Donor Darah Sedunia adalah peringatan yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 silam. Peringatan ini diusung oleh World Health Organization, the International Federation of Red Cross dan Red Crescent Societies untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya darah dan produk darah yang aman, dan berterima kasih kepada para donor darah atas pemberian darah sukarela mereka yang menyelamatkan jiwa.

Hari Donor Darah Sedunia adalah salah satu dari 11 kampanye kesehatan masyarakat global resmi yang ditandai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lho gaes!

Baca Juga: Fakta-fakta Thread Horor Sewu Dino: Paling Seram di Twitter Diangkat Jadi Film?

Penasaran? Yuk simak fakta sejarah dan ulasan tentang Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day (WBDD) yang diperingati setiap tanggal 14 Juni berikut ini.

Latar Belakang dan Sejarah Hari Donor Darah Sedunia

Seperti yang kita ketahui, donor darah dan produk darah membantu dan menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahun. Kegiatan mulia ini dapat membantu pasien yang menderita kondisi yang mengancam jiwa hidup lebih lama dan dengan kualitas hidup yang lebih tinggi, dan mendukung prosedur medis dan bedah yang kompleks.

Donor darah juga memiliki peran penting, menyelamatkan jiwa terutama para ibu. Akses ke darah dan produk darah yang aman dan cukup dapat membantu mengurangi tingkat kematian dan kecacatan akibat pendarahan hebat selama persalinan dan setelah melahirkan. 

Hari Donor Darah Sedunia dirayakan setiap tahun oleh orang-orang di seluruh dunia pada tanggal 14 Juni. Hari ini diperingati pada hari ulang tahun Karl Landsteiner pada tanggal 14 Juni 1868.

Landsteiner dianugerahi Hadiah Nobel untuk penemuannya tentang sistem golongan darah ABO.

Tema Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2022

ternyata, Hari Donor Darah Sedunia memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya.

Nah, tema Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni 2022 adalah "Blood donation is an act of solidarity. Join the effort and save lives" atau "Donor darah adalah aksi solidaritas. Bergabunglah dengan upaya dan selamatkan nyawa"

Tahun ini, acara global pada hari donor darah akan diselenggarakan oleh Maxico pada 14 Juni 2022 lho!

Nah, itu dia fakta sejarah dan ulasan tentang Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day (WBDD) yang diperingati setiap tanggal 14 Juni setiap tahunnya.




Hari Donor Darah SeduniaHari Donor Darah Sedunia 2022Sejarah Hari Donor Darah SeduniaFakta Hari Donor Darah Sedunia14 Juni Hari Apa14 Juni Memperingati Apa14 Juni Hari Donor Darah SeduniaWorld Blood Donor Day

Share to: