Unik Banget! Ternyata Ini Bahan dan Cara Membuat Kopi Transparan, Mirip Air Putih

Unik Banget! Ternyata Ini Bahan dan Cara Membuat Kopi Transparan, Mirip Air Putih

Foto

Apa itu Kopi Transparan? (Foto: eatinnovation)


Belakangan ini, kopi transparan tengah viral di sosial media dan diburu banyak orang. sebenarnya bagaimana cara membuat kopi transparan?

Seperti yang kita ketahui, kopi selalu identik dengan warna hitam yang pekat. Hal ini berlaku di seluruh belahan dunia.

Namun, belakangan ini kopi transparan yang warnanya bahkan menyaingi air putih tengah viral di sosial media, khususnya TikTok. Bukan hal baru, tren clear coffee atau kopi transparan ini ternyata sudah ada sejak tahun 2017 yang lalu lho!

Baca Juga: Link Tes Berapa Usia Mental Kita di arealme.com, Viral FYP Tiktok

Lalu bagaimana cara membuat dan bahan yang digunakan untuk sebuah kopi transparan? Simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Kopi Transparan?

Kopi transparan adalah kopi yang sudah melalui beberapa jenis proses untuk menghilangkan ampas kopi dan minyak yang halus di dalamnya.

Kopi ini dipopulerkan oleh sebuah perusahaan bernama CLR CFF di London. Mereka membuat minuman yang pekat ini terlihat seperti air mineral biasa, namun rasnya tetap sama!

Hal ini jelas akan memberikan perasaan campur aduk sebanyak yang dimiliki para kritikus tentang minuman secara keseluruhan.

Bahan dan Cara Membuat Kopi Transparan

Karena resep kopi yang benar-benar jernih tidak tersedia, namun banyak orang mencoba untuk membuat sebuah kopi sejernih mungkin.

Setidaknya bisa membuat sebuah kopi bebas residu, bebas bubuk, dan bebas minyak yang akan terasa halus, bersih, dan enak.

Metode penyeduhan kopi yang berbeda menyebabkan perbedaan yang signifikan dalam rasa dan rasa di mulut dari produk akhir. Sebagian, perbedaannya adalah karena seberapa jernihnya kopi setelah diseduh dan disaring.

Ada dua cara untuk membuat kopi yang super jernih dan bersih. Yang pertama adalah menggunakan filter kertas yang sangat halus, seperti filter Chemex, untuk membuat kopi. Filter kertas yang lebih tebal ini akan memisahkan hampir semua gilingan dari minuman Anda, dan juga akan menyaring sebagian besar minyak yang akan mengaburkan minuman berkafein.

Metode kedua melibatkan penggunaan agar-agar, yang pada dasarnya adalah gelatin tanpa rasa yang terbuat dari rumput laut.

Sementara itu, para pengembang CLR CFF mengatakan bahwa komponen utama kopi transparan adalah biji Arabika.

Proses hingga membuat kopi transparan sejernih air putih adalah memakan waktu selama satu minggu dengan persiapan mempertimbangkan biji-bijian yang sudah jadi. 

Sejarah Awal Mula Kopi Transparan Viral

CLR CFF adalah minuman revolusioner dengan resep rahasia. Para pengembang memiliki teknologi yang menghilangkan pigmen coklat dari kopi namun tetap mengandung kafein.

Untuk pertama kalinya, mereka mulai membicarakan clear coffee sejak tahun 2016 silam. Mereka menjamin bahwa dengan transparan kopi, gigi kamu tidak akan menjadi kekuningan karena warnanya.

Untuk 100 ml minuman, mereka menjanjikan 50 mg kafein. Rasanya masih sama dengan kopi hitam pada umumnya lho gaes!




clear coffeeApa itu clear coffeeCLR CFFkopi transparanApa kopi transparankopi transparan Terbuat darikopi transparan AdalahCara Membuat kopi transparanBahan kopi transparan

Share to: