Fakta-fakta Bagong Soebardjo, Pendongeng Wayang yang Mendirikan Sanggar Seni

Fakta-fakta Bagong Soebardjo, Pendongeng Wayang yang Mendirikan Sanggar Seni

Foto

Bagong Soebardjo, Pendongeng Wayang Pendiri Sanggar Seni (Foto: Instagram @bagongsoebardjo)


Berikut adalah sejumlah fakta-fakta tentang Bagong Soebardjo, pendongeng anak yang juga pendiri Sanggar Wayang Dongeng.

Bagong Soebardjo adalah seorang pendongeng, seniman dan juga penulis kelahiran 23 Juli 1957. Berasal dari Yogyakarta, umur Bagong Soebardjo adalah 66 tahun.

Dia adalah seorang pendongeng dengan media wayang yang sudah memperdengarkan karyanya selam 43 tahun. Kini dia memiliki sanggar sendiri bernama Sanggar Wayang Dongeng yang berlokasi di Kalipa, Sleman, Yogyakarta lho!

Baca Juga: Biodata dan Profil Bagong Soebardjo: Umur, Asal dan Karier, Pendongeng Wayang Anak yang Mendunia

Bagaimana dengan sosoknya? Yuk simak fakta dan profil Bagong Soebardjo berdasarkan penelusuran KUYOU.id berikut ini.

1. Bagong Soebardjo adalah seorang pendongeng, penulis dan juga seniman asal Yogyakarta yang saat ini berusia 66 tahun.

2. Sosoknya dikenal karena dedikasinya yang tinggi kepada kesenian demi membentuk karakter anak bangsa melalui dongeng bermediakan wayang. Dia bahkan sudah pernah diundang mendongeng di Australia lho!

3. Kehadirannya saat ini tak lepas dari campur tangan sang kakek. Bagong Soebardjo memiliki kecintaan dengan dongeng karena kerap mendengarkannya dari sang kakek sebelum tidur.

4. Sosok Bagong Soebardjo identik dengan dongeng anak dan juga wayang. Siapa yang sangka, ratusan koleksi wayang yang digunakannya ternyata dibuat sendiri dari karton dan botol bekas gaes!

5. Meski sudah berkecimpung di dunia dongeng dengan media wayang sejak 43 tahun yang lalu, Bagong Soebardjo terus berinovasi melalui cerita yang disesuaikan dengan eranya agar bisa dinikmati oleh anak-anak masa kini lho.

6. Kecintaan dan dedikaisnya terhadap dongeng dan wayang berhasil menjadikannya pendiri Sanggar Wayang Dongeng yang berlokasi di Kalipa, Sleman, Yogyakarta.

7. Disana akan ada banyak hal yang bisa ditemui. Mulai dari perpustakaan, workshop dan pementasan dalang hingga banyak juga seniman dan sastrawan yang ikut andil dalam mengajar.

8. Masih penasaran dengan sosoknya? Yuk langsung lihat beberapa karya dan dongeng Bagong Soebardjo di Instagram @bagongsoebardjo ya!

Nah, itu dia sejumlah fakta-fakta tentang Bagong Soebardjo, pendongeng anak yang juga pendiri Sanggar Wayang Dongeng.




Bagong SoebardjoPendongeng Bagong SoebardjoSiapa Bagong SoebardjoSosok Bagong SoebardjoProfil Bagong SoebardjoWayang Bagong SoebardjoSanggar Bagong SoebardjoSanggar Wayang Dongeng

Share to: