Biodata dan Profil Rasuna Said: Asal, Karier dan Profesi, Pahlawan Wanita Indonesia yang Jadi Tampilan Google Doodle

Biodata dan Profil Rasuna Said: Asal, Karier dan Profesi, Pahlawan Wanita Indonesia yang Jadi Tampilan Google Doodle

Foto

Biodata dan Profil Rasuna Said (Foto: Berbagai sumber)


Yuk simak biodata dan profil dari Rasuna Said lengkap asal, karier dan profesi, pahlawan wanita Indonesia yang tampil di Google Doodle 14 September 2022.

Rasuna Said adalah seorang pahlawan wanita Indonesia yang berasal dari Maninjau, Agam, Sumatra Barat. Rasuna Said lahir pada 14 September 1910. Agama yang dianut Rasuna Said adalah agama Islam.

Pada 14 September 2022 bertepatan dengan hari ulang tahunnya, ilustrasi Rasuna Said dijadikan tampilan di Google Doodle untuk menghormati jasa-jasanya.

Baca Juga: 10 Daftar Pahlawan Revolusi Indonesia G30SPKI dan 1 Oktober

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan profil dari Rasuna Said lengkap asal, karier dan profesi.

1. Profil Rasuna Said

Rasuna Said adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan juga merupakan pahlawan nasional Indonesia. Rasuna Said lahir di Maninjau, Agam, Sumatra Barat, 14 September 1910.

Ayahnya bernama Muhamad Said, seorang saudagar Minangkabau dan bekas aktivis pergerakan.

2. Awal Karier Rasuna Said

Awal perjuangan politik Rasuna Said dimulai dengan beraktivitas di Sarekat Rakyat (SR) sebagai Sekretaris cabang. Rasuna Said kemudian juga bergabung dengan Soematra Thawalib dan mendirikan Persatuan Muslimin Indonesia (PERMI) di Bukittinggi pada tahun 1930. 

Rasuna secara aktif berkampanye untuk hak-hak pendidikan dan politik perempuan, percaya bahwa keyakinan reformisnya memberikan dasar untuk mengadvokasi perempuan. Keyakinan agamanya meyakinkannya bahwa perempuan harus terdidik.

3. Profesi Rasuna Said

Sebelum kemerdekaan, Rasuna Said aktif menjadi pengajar, aktivis dan jurnalis. Setelah kemerdekaan, Rasuna Said aktif di Badan Penerangan Pemuda Indonesia dan Komite Nasional Indonesia.

Rasuna Said pernah menjadi Dewan Perwakilan Sumatra mewakili daerah Sumatra Barat setelah Proklamasi Kemerdekaan. Ia diangkat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Serikat (DPR RIS), kemudian menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung setelah Dekret Presiden 5 Juli 1959.

4. Jadi Tampilan Google Doodle

Pada hari ulang tahunnya di tanggal 14 September 2022, Google Indonesia menghadirkan ilustrasi Rasuna Said untuk menjadi tampilan Google Doodle.

Hal ini dilakukan untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa Rasuna Said untuk Indonesia, terutama untuk kaum wanita.

5. Biodata Rasuna Said

Nama lengkap:Rasuna Said
Kota asal:Maninjau, Agam, Sumatra Barat
Tanggal lahir:14 September 1910
Tanggal meninggal dunia:2 November 1965
Umur:55 tahun (1965)
Agama:Islam
Pasangan:-
Anak:Auda Zaschkya Duski
Pendidikan:Diniyah Putri Padang Panjang
Profesi:Pengajar, Aktivis, Jurnalis

Baca Juga: Jarang Tahu, 7 Pahlawan Kemerdekaan ini Gugur di Usia Muda Gaes

Nah, itulah biodata dan profil dari Rasuna Said lengkap asal, karier dan profesi, pahlawan wanita Indonesia yang tampil di Google Doodle 14 September 2022.




Rasuna SaidBiodata Rasuna SaidProfil Rasuna SaidBiografi Rasuna SaidAsal Rasuna SaidKarier Rasuna SaidProfesi Rasuna SaidRasuna Said Google Doodle

Share to: