Pak Bagong Soebardjo: Pendongeng Berusia 66 Tahun yang Hadirkan Project NFT bersama Maja Labs

Pak Bagong Soebardjo: Pendongeng Berusia 66 Tahun yang Hadirkan Project NFT bersama Maja Labs

Foto

Pak Bagong Soebardjo Hadirkan Project NFT bersama Maja Labs (Foto: Maja Labs)


Menolak usang, pak Bagong Soebardjo menghadirkan karya seni digital dan bentuk NFT yang berkolaborasi dengan Maja Labs gaes!

Bagong Soebardjo adalah seorang pendongeng, penulis dan juga seniman asal Yogyakarta yang saat ini berusia 66 tahun. Dia adalah sosok yang telah memperdengarkan karyanya selam 43 tahun hingga kini.

Seniman senior ini hadirkan sebuah karya masterpiece Wayang Kertas melalui bentuk NFT  dan hadir di dunia nyata dan metaverse sebagai bentuk sustainability dan eksistensi seni budaya wayang di Indonesia dan wajah dunia.

Baca Juga: Hadir di Bali Dukung Komunitas NFT Maja Labs, Ammar Zoni: Senang Dengan Acara Seperti Ini

Wah, keren abis ya! Yuk simak fakta dan ulasannya berikut ini.

Pak Bagong Soebardjo Pendongeng 66 Tahun Hadirkan Project NFT bersama Maja Labs 

Bagong Soebardjo dikenal karena dedikasinya yang tinggi kepada kesenian demi membentuk karakter anak bangsa melalui dongeng bermediakan wayang.

Baginya, mendongeng adalah jalan hidup. Dengan media wayang-wayang yang dibuatnya sendiri, pria 66 tahun ini percaya bahwa karakter anak bisa dibentuk saat mereka masih kecil dengan apa yang mereka dengar dan saksikan.

Meski sudah bekecimpung di dunia dongeng dengan media wayang sejak 43 tahun yang lalu, Bagong Soebardjo terus berinovasi melalui cerita yang disesuaikan dengan eranya agar bisa dinikmati oleh anak-anak masa kini lho gaes!

Baca Juga: Mengenal Pendongeng Wayang Bagong Soebardjo, Tokoh Sejaman Pak Raden yang Inspiratif Abis!

Gak hanya itu, karyanya bahkan kini hadir dalam bentuk NFT. Karya ini mengisahkan tentang dongeng wayang kertas PERKASA dan Nusa Universe yang sebelumnya sudah ada sejak tahun 1992 dan sudah eksis ditampilkan dalam berbagai aktifitas wayang dongeng yang digelar untuk menghibur, mengedukasi dan meregenerasi seni wayang kepada anak-anak Indonesia.

PERKASA merupakan karakter fiksi bernama asli Teguh, pria berusia 28 tahun yang merupakan guru olahraga dan basket, ia adalah sosok penyabar dan bijaksana hingga suatu hari ia mendapatkan musibah tiba-tiba tertimpa sebuah kobaran cahaya dari langit dan membuatnya mati suri hingga 7 hari 7 malam. Ternyata ia mendapatkan kekuatan misterius dari makhluk terrestrial dari planet NUN.

Projek inisiasi NFT PERKASA pertama kali diperkenalkan melalui event rangkaian event NFT PITCH BALI yang menggelar NFT TALK yang di Argos Coffee by TAT Bali pada 16 Juli 2022 dan NFT CLINIC Vol.2 di T-HUB By Tokocrypto Bali pada 17 Juli 2022.

Head of WEB3 Task Force ICCN sekaligus Founder Maja Labs, Adrian Zakhary mengungkapkan dengan hadirnya projek NFT PERKASA milik Bagong Soebadjo selaras dengan tema yang diinisiasi secara kolaborasi antara MAJA Labs, T-HUB by Tokocrypto, The Ambengan Tenten, dan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) yakni #RealWorldImpact. 

Baginya, hadirnya NFT tidak hanya soal cuan, yakni juga membawa dampak nyata bagi masyarakat luas terutama sosial, ekonomi dan juga budaya.

#RealWorldImpactNFT menjadi tema yang diangkat Maja Labs dan ICCN untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa NFT tidak sekedar soal cuan, atau gorengan, atau fenomena yang sekali muncul, tapi bagaimana NFT sejatinya Token yang Non-Fungibel atau Unik, yang bisa menjadi medium atau tools, baik utk Sertifika Kepemilikan, Perlindungan Hak Cipta Kreator, Royalty, Membership, Enabler Komunitas, Monetization, Social Impact, dan berbagai hal lain yang berdampak terhadap dunia nyata” tukas Adrian Zakhary.




Bagong SoebardjoNFT Bagong SoebardjoKarya Bagong SoebardjoMaja LabsMaja Labs Bagong SoebardjoAdrian ZakharyNFT PITCH BALINFT PITCH BALI 2022

Share to: