Mengenal Pendongeng Wayang Bagong Soebardjo, Tokoh Sejaman Pak Raden yang Inspiratif Abis!

Mengenal Pendongeng Wayang Bagong Soebardjo, Tokoh Sejaman Pak Raden yang Inspiratif Abis!

Foto

Mengenal Sosok Pendongeng Wayang Bagong Soebardjo (Foto: Instagram @bagongsoebardjo)


Yuk kenalan dengan Bagong Soebardjo, pendongeng anak dan tokoh inspiratif yang sejaman dengan sosok Pak Raden gaes!

Dia adalah Bagong Soebardjo, seorang pendongeng, penulis dan juga seniman asal Yogyakarta yang saat ini berusia 66 tahun.

Diketahui bahwa dia telah memperdengarkan karyanya selam 43 tahun hingga kini. Meski begitu, pendongeng bermedia wayang ini terus berinovasi melalui cerita yang disesuaikan dengan eranya agar bisa dinikmati oleh anak-anak masa kini lho.

Baca Juga: Biodata dan Profil Bagong Soebardjo: Umur, Asal dan Karier, Pendongeng Wayang Anak yang Mendunia

Oleh karena itu, yuk kenalan dengan sosok pendongeng Wayang Bagong Soebardjo yang sangat inspiratif berikut ini.

Perjalanan Karier Bagong Soebardjo

Kehadirannya saat ini tak lepas dari campur tangan sang kakek. Bagong Soebardjo memiliki kecintaan dengan dongeng karena kerap mendengarkannya dari sang kakek sebelum tidur. Hal tersebut bahkan menjadi kegiatan rutin baginya. Akan terasa kurang jika tak mendengar dongeng sebelum tidur.

Sejak SD, Bangong menyukai dongeng dan juga kerap menyaksikan pementasan wayang. Belajar untuk menjadi dalang, dia akhirnya berhasil berpartisipasi dalam beberapa pentas wayang yang diadakan di sekitar rumahnya. 

Kini dia tak pernah berhenti mendongeng. Dengan media wayang yang dibuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan bekas, Bagong Soebardjo sudah pernah memperdengarkan dongeng untuk anak-anak di beberapa kota di Indonesia.

Bapak tiga anak ini pertama kali mementaskan dongeng wayangnya di Semaki, Umbulharjo, Jogja. Hingga pada 1992, dia mementaskan wayang kartunnya di Taman Impian Jaya Ancol dalam acara musyawarah besar kartunis.

Bukan hanya di Indonesia, Bagong Soebardjo bahkan pernah di undang ke Australia untuk mendongeng dan berbagai ilmu disana. Beberapa waktu lalu, dia juga seharusnya pergi ke Jepang, sayangnya hal tersebut tertunda karena pandemi Covid-19.

Pendiri Sanggar Wayang Dongeng

Tak berhenti hanya menjadi pendongeng, Bagong Soebardjo juga merupakan pemilik Sanggar Wayang Dongeng yang berlokasi di Kalipa, Sleman, Yogyakarta.

Disana akan ada banyak hal yang bisa ditemui. Mulai dari perpustakaan, workshop dan pementasan dalang hingga banyak juga seniman dan sastrawan yang ikut andil dalam mengajar.

Berawal dari kontrakan rumahnya, kini dia menerima banyak tamu di Bagong Soebardjo. Mulai dari seniman, wisatawan hingga mahasiswa gaes!

Nah, itu dia perjalanan karier Bagong Soebardjo, seorang pendongeng bermediakan wayang asal Yogyakarta yang berkesenian demi membentuk karakter anak bangsa.

Tokoh Sejaman Pak Raden yang Inspiratif

Bagong Soebardjo diketahui lahir pada 23 Juli 1957. Saat ini, usianya adalah 66 tahun.

Meski begitu, pria kelahiran Yogyakarta ini tak pernah lelah menginspirasi banyak orang, tak terkecuali kaum milenial gaes!

Bukan demi eksistensi, Bagong memutuskan untuk menjadi pendongeng untuk kepentingan masyarakat, terutama anak-anak calon penerus bangsa.

Baginya, mendongeng adalah jalan hidup. Dengan media wayang-wayang yang dibuatnya sendiri, pria 66 tahun ini percaya bahwa karakter anak bisa dibentuk saat mereka masih kecil dengan apa yang mereka dengar dan saksikan.

Nah, itu dia sosok Bagong Soebardjo, pendongeng anak dan tokoh inspiratif yang sejaman dengan Pak Raden.




Bagong SoebardjoPendongeng Bagong SoebardjoSiapa Bagong SoebardjoSosok Bagong SoebardjoProfil Bagong SoebardjoWayang Bagong SoebardjoSanggar Bagong SoebardjoSanggar Wayang Dongeng

Share to: