Wajib Tahu! 10 Trik Foto Produk Ini Cuma Pakai Smartphone Lho, Cocok Buat Jualan Online Gaes

Wajib Tahu! 10 Trik Foto Produk Ini Cuma Pakai Smartphone Lho, Cocok Buat Jualan Online Gaes

Wajib Tahu! 10 Trik Foto Produk Ini Cuma Pakai Smartphone Lho, Cocok Buat Jualan Online Gaes

Foto produk pakai HP (Foto: dok. Istimewa)


Kini banyak orang yang memanfaatkan teknologi digital untuk berjualan, nggak terkecuali anak muda. Banyaknya media sosial mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram berubah menjadi lapak yang potensial bagi para penjual online. Kalo kamu punya bisnis online shop, memajang foto produk yang eye catching wajib hukumnya untuk menarik pelanggan melihat-lihat hingga membeli koleksi produk yang kamu jual. 

Pengen foto produkmu lebih menarik di media sosial dengan cuma modal kamera HP? Nah, kali ini Kuyou punya tips and tricks membuat foto produk dengan HP agar tampak berkelas dan tentunya bikin lapak jualan online-mu laris manis diburu pembeli. Cekidot!

1. Siapkan dulu background fotonya, minimalisir pengeluaranmu dengan membuat studio mini. Perlengkapannya pun sederhana!

Buatmu yang baru memulai jualan online, nggak perlu repot-repot menyewa studio foto. Mending bikin sendiri studio mini di rumah dengan peralatan sederhana. Sebaiknya gunakan background foto yang polos dan berwarna netral seperti putih. Kelebihan dari warna putih yaitu akan menonjolkan sisi detail dan memberi kesan cerah dari produk. Tambahkan kertas di sisi foto sebagai cahaya tambahan untuk menerangi bagian gelap dari produk agar nggak berbayang.

2. Jika produk yang akan kamu jual adalah sesuatu yang bisa dipakai, disarankan untuk menggunakan model sebagai gambaran bagi calon pembeli

Khusus untuk produk fashion, penggunaan model saat mengambil foto bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Produk yang terlihat pas di badan sang model, pastinya akan membuat produk yang kamu jual terlihat lebih menarik.

Jenis foto produk ini juga bisa memberi gambaran pada pembeli, khususnya saat produk tersebut dikenakan langsung. Mintalah bantuan teman ataupun saudaramu untuk menjadi model dadakan.

3. Pencahayaan harus cukup terang, lebih baik kamu mengambil foto secara outdoor karena cahaya alami dari matahari menghasilkan foto yang lebih bagus

Pencahayaan menjadi penentu utama bagus atau nggaknya hasil foto yang kamu ambil. Karena kamera HP nggak se-sensitif kamera DSLR, maka harus ada cahaya yang cukup terang saat akan memfoto objek. Nah, untuk hasil foto yang maksimal, lebih baik gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari, bisa dari arah jendela atau pintu yang terbuka.

Letakkan objek yang akan difoto tepat di tepi jendela. Untuk menghindari hasil foto dengan cahaya yang terlalu tajam, lakukan saat posisi matahari nggak terlalu tinggi, yaitu sekitar jam 8-9 pagi atau jam 4-5 sore.

Namun jika terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan, usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar cahaya matahari. Jika dirasa masih kurang, nggak ada salahnya kamu menggunakan lampu tambahan. Informasi ini bisa kamu pelajari lebih lanjut di berbagai modul foto produk yang bisa dibeli di toko.

4. Tentukan tema foto yang ingin ditampilkan agar hasilnya relevan dengan apa yang ingin disampaikan

Tema foto produk secara menyeluruh merupakan salah satu hal krusial dalam mengambil foto yang oke. Pastikan kamu sudah menentukan tema foto sebelumnya. Setelah tema tercipta, ‘godok’ kembali idemu untuk melihat apakah tema dan hasil akhirnya fotonya sudah relevan dengan apa yang akan disampaikan dan ditampilkan di Instagram.

5. Kenali kamera HP-mu, gunakan pengaturan semaksimal mungkin agar foto yang dihasilkan lebih jelas dan berkualitas

Kamera HP pintar saat ini umumnya telah memiliki resolusi diatas 5 megapiksel, artinya sudah bisa mendapatkan gambar yang cukup baik.

Agar gambarmu berkualitas tinggi, aturlah kamera HP-mu agar bekerja pada pengaturan terbaiknya seperti resolusi tertinggi, ISO yang tepat, white balance yang sesuai dan lain sebagainya. Setiap HP memiliki kemampuan yang berbeda-beda, jadi kenalilah dengan baik!

6. Agar calon pembeli bisa lebih mengenali produkmu, akan lebih baik jika kamu mengambil foto dari beberapa angle atau sudut potret

Sudut potret (angle) sangat mempengaruhi hasil fotomu. Angle yang pas dari tiap objek yang akan kita foto tentunya berbeda-beda. Misalnya, foto produk baju yang dipakai oleh model akan bisa memberikan gambaran jika diambil dari depan dan belakang. Sedangkan produk makanan akan lebih menarik jika diambil dari atas.

Kalo perlu, kamu boleh mengambil foto dari beberapa angle yang berbeda untuk menunjukkan detail produk. Untuk menentukan angle yang tepat, maka kamu harus berlatih sesering mungkin dengan berbagai objek foto.

7. Hindari melakukan zoom atau perbesaran pada kamera HP karena akan menurunkan kualitas foto, lebih baik dekati saja objeknya

Kamera HP cenderung memperkecil obyek foto, usahakan agar kamu memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Perbesaran ini akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan dan membuat foto menjadi nggak tajam.

8. Kenali waktu jeda antara memencet shutter dan saat kamera mulai mengambil foto, pegang erat HP-mu agar foto nggak kabur

Semakin stabil kamera semakin bagus foto yang dihasilkan. Usahakan tanganmu tetap tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok untuk membantu kestabilan tangan.

9. Percantik fotomu dengan fitur edit foto yang tersedia di HP-mu. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan karena justru akan membuat foto produk terlihat palsu

Salah satu cara mudah untuk mempercantik hasil foto produk adalah dengan menggunakan aplikasi pendukung untuk mengedit foto. Memang nggak ada salahnya kamu menambahkan filters tertentu pada foto produk, asal jangan berlebihan. Editlah dengan tujuan utama untuk memperkuat kesan foto, bukan untuk menghiasnya atau memanipulasi keadaan sesungguhnya.

Kamu cukup mengedit foto seperlunya, misal untuk menaikkan contrast dan brightness foto. Penggunaan efek yang terlalu berlebihan hanya akan membuat foto produk kamu terlihat palsu dan membuat produk asli yang diterima pembeli nantinya berbeda jauh dengan produk yang terlihat pada foto. Daripada pembeli kamu kecewa nantinya, ‘kan?

10. Agar foto produkmu nggak dipakai oleh orang lain tanpa izin, jangan lupa untuk menambahkan watermark pada fotomu

Watermark fungsinya untuk menandai sumber foto atau milik siapa foto tersebut. Tambahkan watermark pada semua foto produk yang terpajang di etalase toko online-mu. Penempatan watermark juga harus kamu perhatikan. Hindari menambahkan watermark pada bagian pojok foto karena mudah dihapus.

Sebaiknya letakkan watermark di tengah produk, tapi jangan lupa untuk mengatur transparansi foto biar nggak menutupi bagian utama produk.

Setelah mengetahui trik mengambil foto produk menggunakan kamera HP ini, sering-seringlah berlatih untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Bisa juga dengan mengikuti workshop foto produk. Jika kamu sudah khatam dengan trik-trik ini, maka usaha jualan online-mu bakal beberapa tingkat lebih menarik. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual yang cenderung melihat sesuatu dari tampilan fisiknya. Selamat mencoba gaes!




InfoInfo Fotografi

Share to: