28 September 2022 adalah Hari Kereta Api Nasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

28 September 2022 adalah Hari Kereta Api Nasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

28 September 2022 adalah Hari Kereta Api Nasional, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

28 September 2022 adalah Hari Kereta Api Nasional (Foto: Instagram @keretaapikita)


Yuk simak fakta, sejarah dan tema Hari Kereta Api Nasional tahun ini yang jatuh pada 28 September 2022.

Pada 28 September 2022, seluruh masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Kereta Api Nasional.

Hari Kereta Api Nasional ini tak hanya diperingati di tahun 2022 saja, melainkan di tanggal 28 September di setiap tahunnya.

Baca Juga: 27 September 2022 Adalah Hari Bhakti Postel ke-77, Berikut Fakta dan Sejarahnya

Kenapa bisa ditanggal 28 September? Daripada penasaran, yuk simak fakta, sejarah dan tema Hari Kereta Api Nasional tahun ini.

Fakta dan Sejarah Hari Kereta Api Nasional

Sejarah Hari Kereta Api Nasional sendiri  masa Pemerintah Hindia Belanda. Kala itu pada tahun 1864 hingga 1942, Hindia Belanda memegang kekuasaan atas perkeretaapian Indonesia. Mereka pun membangun rel kereta api yang terdapat di berbagai wilayah di Indonesia.

Namun, pada tahun 1942, Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Karena kondisi tersebut, Jepang akhirnya mengambil alih perkeretaapian Indonesia. Jepang pun mengubah nama perkeretaapian Indonesia menjadi Rikuyu Sokyuku yang berarti Dinas Kereta Api.

Selama masa pemerintahan Jepang, kereta api difokuskan untuk keperluan perang Jepang. Lalu pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Dengan begitu, perkeretaapian pun jatuh kembali ke Indonesia.

Indonesia mulai mengambil alih stasiun dan kantor pusat kereta api yang dikuasai oleh Jepang. Dan pada 28 September 1945, Indonesia berhasil mengambil alih Kantor Pusat Kereta Api Bandung.

Hal tersebut juga menandai berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI). Kini, tanggal 28 September diperingati sebagai Hari Kereta Api Nasional untuk mengingat perjuangan Indonesia merebut perkeretaapian dari tangan Jepang.

Tema Hari Kereta Api Nasional 2022

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menetapkan tema Hari Kereta Api Nasional 2022 ini. Tema tersebut adalah "Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik."

KAI ingin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan sesuai dengan tema ulang tahun ke-77 mereka yaitu Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Nah, itulah fakta, sejarah dan tema Hari Kereta Api Nasional tahun ini yang jatuh pada 28 September 2022.




28 September28 September 2022Hari Kereta Api NasionalFakta Hari Kereta Api NasionalSejarah Hari Kereta Api NasionalTema Hari Kereta Api Nasional 2022

Share to: