4 Oktober 2022 adalah Hari Hewan Sedunia, Berikut Fakta dan Sejarahnya

4 Oktober 2022 adalah Hari Hewan Sedunia, Berikut Fakta dan Sejarahnya

4 Oktober 2022 adalah Hari Hewan Sedunia, Berikut Fakta dan Sejarahnya

4 Oktober 2022 adalah Hari Hewan Sedunia (Foto: Istimewa)


Yuk simak fakta dan juga sejarah Hari Hewan Sedunia yang diperingati pada 4 Oktober 2022.

Pada 4 Oktober 2022, seluruh manusia di dunia terutama pecinta hewan akan memperingati Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day.

Hari Hewan Sedunia ini tak hanya di peringati di tahun 2022 saja, melainkan di setiap tanggal 4 Oktober di setiap tahunnya.

Baca Juga: 3 Oktober 2022 adalah Hari Ulang Tahun Pembela Tanah Air, Berikut Fakta dan Sejarahnya

Kenapa bisa 4 Oktober? Yuk simak fakta dan juga sejarah Hari Hewan Sedunia.

Fakta dan Sejarah Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia awalnya dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund atau Man and Dog. Hari Hewan Sedunia pertama dilaksanakan tanggal 24 Maret 1925 di Sport Palace di Berlin, Jerman.

Awalnya, acara Hari Hewan Sedunia akan dilaksanakan tanggal 4 Oktober, namun Sport Palace yang pada saat itu merupakan satu-satunya tempat yang cukup besar untuk menampung ribuan pengunjung, tidak tersedia pada tanggal 4 Oktober. Barulah pada tahun 1929, Hari Hewan Sedunia diselenggarakan pada 4 Oktober.

Alasan mengapa 4 Oktober dipilih sebagai Hari Hewan Sedunia, karena hari itu merupakan hari wafatnya Santo Fransiskus dari Assisi. Ia adalah santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Maka dari itu, hari kematian Santo Fransiskus dari Assisi secara resmi diadopsi sebagai Hari Hewan Sedunia.

Perayaan Hari Hewan Sedunia Sekarang

Saat ini, perayaan Hari Hewan  Sedunia dirayakan oleh seluruh penyayang binatang dari seluruh agama dan kepercayaan, kebangsaan, dan latar belakang, namun pemberkatan terhadap binatang tetap dilakukan di berbagai gereja.

Tim penyelamat binatang dan berbagai organisasi satwa liar melakukan kegiatan pengumpulan dana, bazaar, dan sebagainya di berbagai sekolah dan tempat kerja.

Pada hari itu, mereka juga memberikan penghargaan terhadap individu, sekelompok orang, atau lembaga yang dianggap telah memberikan kontribusi terbaik pada dunia binatang.

Nah, itulah fakta dan juga sejarah Hari Hewan Sedunia yang diperingati pada 4 Oktober 2022.




4 Oktober4 Oktober 2022Hari Hewan SeduniaHari Hewan Sedunia 2022Hari Binatang SeduniaWorld Animal DayFakta Hari Hewan SeduniaSejarah Hari Hewan Sedunia

Share to: