Fakta Keluarnya Chuu dari LOONA yang Diungkap Dispatch, Kontrak Eksklusif yang Tidak Sesuai

Fakta Keluarnya Chuu dari LOONA yang Diungkap Dispatch, Kontrak Eksklusif yang Tidak Sesuai

Fakta Keluarnya Chuu dari LOONA yang Diungkap Dispatch, Kontrak Eksklusif yang Tidak Sesuai

Fakta Keluarnya Chuu dari LOONA yang Diungkap Dispatch (Foto: Instagram @chuuo3o)


Inilah fakta keluarnya Chuu dari LOONA yang diungkap Dispatch, yang mana berawal dari kontrak eksklusif yang tidak sesuai.

Kim Ji-woo atau yang lebih dikenal dengan nama Chuu telah resmi dikeluarkan dari girl grup LOONA pada 25 November 2022.

Agensi LOONA, BlockBerry mengatakan bahwa Chuu dikeluarkan karena menggunakan kata kasar ke staff hingga penyalahgunaan kekuasaan.

Baca Juga: 12 Biodata Lengkap Member LOONA, Girl Group yang Berhasil Masuk Pop Airplay Billboard

Namun Chuu sendiri berdalih bahwa adanya kontrak eksklusif yang tidak sesuai dari BlockBerry terhadapnya.

Nah, Disptach telah merilis fakta terbaru mengenai keluarnya Chuu dari LOONA. Penasaran? Yuk simak penjelasannya di bawah sini.

Berawal dari Kontrak Eksklusif

Dispatch telah mengungkapkan detail tentang konflik yang sedang berlangsung antara Chuu dan agensi LOONA, BlockBerry.

Pada 19 Desember 2022, Dispatch melaporkan persyaratan kontrak yang tidak masuk akal dalam kontrak eksklusif Chuu dengan BlockBerry menjadi pemicu perseteruan Chuu dengan BlockBerry.

Pada Desember 2017, BlockBerry dan Chuu menandatangani kontrak eksklusif. Mereka memutuskan untuk membagi pendapatan dari semua aktivitas hiburannya dengan rasio 7:3, artinya perusahaan akan menerima 70 persen dan Chuu akan menerima 30 persen. Di sisi lain, biaya dari aktivitasnya disepakati dibagi dengan rasio 5:5.

BlockBerry juga mengadopsi sistem pasca-penyelesaian, membagi pendapatan terlebih dahulu dan mengurangi pengeluaran setelahnya. Dengan kata lain, 20 persen dari biaya yang harus ditanggung oleh BlockBerry diserahkan kepada anggota LOONA. Hal ini membuat anggota LOONA memiliki utang yang menumpuk kepada perusahaan.

Tidak termasuk Chuu, anggota LOONA lainnya telah memperoleh 18,6 miliar won (sekitar $14.275.000) sejak 2016. Dispatch memperkirakan bahwa setiap anggota saat ini memiliki utang sekitar 200 juta won (sekitar $153.500) karena menutupi setengah dari biaya 16,9 miliar won (sekitar $12.970.000).

Chuu Tidak Puas dengan Rasio Pembagian

Dalam kasus Chuu, yang memiliki banyak aktivitas pribadi seperti iklan dan tampil di variety show, diketahui bahwa dia telah menerima pembayaran sejak Desember tahun lalu dan sekarang memiliki sekitar 220 juta won (sekitar $169.000) di tangannya.

Chuu yang tidak puas dengan rasio penyelesaian, mengajukan permohonan perintah sementara untuk menangguhkan kontrak eksklusifnya dengan agensi pada Januari 2022, dan pengadilan memihak Chuu.

Sejak saat itu, Chuu melanjutkan aktivitasnya dengan cara mengambil semua keuntungan dari aktivitas individu dan hanya membagi distribusi pendapatan aktivitas grup dikurangi biaya dengan agensi.

Dengan melakukan itu, Chuu menandatangani lampiran kontrak dengan agensi, mengubah rasio penyelesaian menjadi 3:7. Dia juga memperoleh hak untuk tidak berpartisipasi dalam kegiatan grup tertentu dan hak untuk mengakhiri kontrak kapan saja.

“Kepercayaan saya pada perusahaan hampir berakhir tahun lalu. Saya bahkan tidak ingin berpartisipasi dalam ‘Queendom’, tetapi saya juga tidak ingin melepaskan LOONA. Saya menandatangani lampiran kontrak untuk melanjutkan kegiatan kelompok," kata Chuu dilansir Dispatch.

Chuu Dinggap Berkata Kasar

Tak hanya masalah kontrak ekslusif, perseteruan Chuu dan BlockBerry pun berlanjut ketika Chuu menunjukkan spoiler singkat koreografi comeback LOONA selama acara video call dengan seorang penggemar pada 9 Juni 2022.

Staff “A” dari BlockBerry mengirimkan klip tersebut ke ibu Chuu dan menulis, “Koreografinya belum dapat diungkapkan. Apa yang harus kita lakukan tentang ini?”.

Ibu Chuu pun mengirim tangkapan layar dari pesan ini dan mengirimkannya ke Chuu. Chuu pun mengirimkan pesan dari ibunya tersebut ke staff "B" BlockBerry.

Dalam pesan tersebut, Chuu berkata, “Hanya ini hahahahahahahaha Mengatakan sesuatu tentang [spoiler] satu detik?” Dia kemudian dengan tegas menyatakan bahwa dia tidak akan berpartisipasi dalam comeback yang akan datang.

Dispatch telah meminta pendapat Chuu mengenai dirinya yang berkata kasar kepada staff hingga disebut sebagai penyalahgunaan kekuasaan.

“B adalah satu-satunya orang di perusahaan yang dapat saya ajak berkomunikasi. Saya tidak mengungkapkan kemarahan pada B. Saya mengungkapkan keluhan saya tentang bagaimana perusahaan itu dioperasikan.” ucap Chuu dilansir Dispatch.

Chuu juga membagikan rekaman audio percakapan di tahun 2021 dengan staff “D” dari BlockBerry. Saat membahas ketentuan kontrak, Chuu merasa bahwa dirinya direndahkan oleh D.

“D memperlakukanku seperti anak kecil. Rasanya seperti mereka memandang rendah saya. Ketidakpercayaan telah dibangun pada saat itu, jadi saya terluka. Saya pikir saya harus berbicara dengan tegas agar mereka mendengarkan saya… jadi ada saatnya saya berbicara dengan nada yang kuat. Saya juga manusia, jadi saya membuat kesalahan.” ucap Chuu.

Baca Juga: Ini Posisi Visual, Face Of Group dan Center Girl Grup KPOP LOONA

Hingga kini, kasus perseteruan Chuu dan BlockBerry pun masih belum berakhir. Dengan keluarnya Chuu, LOONA kini melanjutkan aktivitas grup mereka dengan 11 member yang tersisa.




ChuuFakta Chuu keluar LOONAChuu keluar dari LOONAChuu DispatchDispatch ChuuKontrak Chuu LOONA

Share to: