Ditunjuk Menjadi Dirjen Imigrasi, Ini Deretan Jabatan yang Pernah Dipegang Silmy Karim

Ditunjuk Menjadi Dirjen Imigrasi, Ini Deretan Jabatan yang Pernah Dipegang Silmy Karim

Foto

Silmy Karim (Foto: Instagram @silmykarim)


Inilah deretan jabatan yang pernah dipegang Silmy Karim usai ditunjuk menjadi Dirjen Imigrasi.

Silmy Karim resmi ditunjuk untuk menjadi Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi yang baru. Dirinya akan mulai menjabat sebagai Dirjen Imigrasi usai resmi dilantik pada Januari 2023.

Sebelumnya, Silmy Karim sendiri dikenal telah menjabat beberapa perusahaan dan institusi negara, salah satunya adalah menjadi Direktur Utama (Dirut) PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Baca Juga: Silmy Karim Resmi Ditunjuk Sebagai Dirjen Imigrasi, Dilantik Januari 2023 Gaes

Dan berikut adalah deretan jabatan yang pernah dipegang Silmy Karim.

Jabatan di TNI

Meski bukan seorang Tentara, Silmy Karim pernah menjabat beberapa posisi di badan TNI. Diantaranya adalah Silmy ditunjuk untuk menjadi anggota Tim Supervisi Transformasi Bisnis TNI pada tahun 2007-2008.

Lalu Silmy Karim ditunjuk menjadi anggota Tim Nasional Pengalihan Aktivitas Bisnis (PAB) TNI pada tahun 2008-2009. Dan menjadi anggota Tim Pengendali Aktivitas Bisnis TNI pada tahun 2010-2011.

Jabatan di BKPM

Silmy Karim juga pernah menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI pada tahun 2010-2011.

Jabatan di Kementerian Pertahanan RI

Di Kementerian Pertahanan RI, Silmy Karim pertama kali menjabat sebagai Penasihat Menteri Pertahanan. Jabatan ini dimulai semenjak ia ditempatkan sebagai Anggota Tim Pakar Manajemen Pertahanan Kementerian Pertahanan RI hingga tahun 2014.

Kemudian di bidang industri pertahanan, sejak 2010, Silmy masuk sebagai Anggota Tim Asistensi Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP). Ia pun ikut merancang Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan.

Jabatan terakhirnya di KKIP adalah Staf Ahli Bidang Kerja Sama dan Hubungan Antar Lembaga. Atas jasanya dalam penugasan di Kementerian Pertahanan RI, Ia mendapatkan bintang jasa Dharma Pertahanan Republik Indonesia pada tahun 2014.

Anggota Dewan Analis Strategis Badan Intelijen Negara

Silmy Karim bergabung di Badan Intelijen Negara (BIN) menjadi Anggota Dewan Analis Strategis (BIN) sejak 2013 sampai 2015.

Jabatan di BUMN hingga Menjadi Dirut Krakatau Steel

Setelah sukses mengisi beberapa jabatan di Kementerian Pertahanan, Silmy Karim diminta untuk bergabung bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Penugasan di BUMN diawali saat Silmy ditugaskan menjadi komisaris di PT. PAL (Persero) pada tahun 2011. Pada bulan Oktober 2014, Silmy ditunjuk untuk mengisi posisi Direktur Utama PT Pindad (Persero) yang kosong karena Sudirman Said diangkat menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Minieral. 

Setelah sukses membenahi dan meningkatkan kinerja PT Pindad (Persero) dalam waktu 1 tahun 7 bulan (22 Desember 2014 - 3 Agustus 2016), Silmy diberikan kepercayaan untuk memperbaiki BUMN lainnya yaitu PT. Barata Indonesia (Persero) mulai 7 Agustus 2016.

Setelah bertugas di PT. Barata Indonesia (Persero) selama 2 tahun 1 bulan, Menteri BUMN memberi tugas lain untuk membenahi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tanggal 6 September 2018.

Silmy sukses dalam melakukan restrukturisasi dan transformasi PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk.Salah satu restrukturisasi yang dilakukan di Krakatau Steel adalah dalam hal restrukturisasi hutang.

Proses restrukturisasi ini memakan waktu lebih dari 1 tahun dan selesai dengan baik ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian restrukturisasi hutang pada tanggal 12 Januari 2020 antara Krakatau Steel dengan 10 krediturnya.

Saat dilakukan restrukturisasi, Hutang Krakatau Steel sebesar $2.2 milyar US (35 triliun rupiah). Karena nilai hutangnya yang sangat besar ini membuat restrukturisasi ini disebut juga restrukturisasi hutang perusahaan terbesar di Indonesia.

Krakatau Steel berhemat sebesar $685 juta US (11 triliun rupiah) dari program restrukturisasi ini. Sukses ke 2 di Krakatau Steel adalah ketika Krakatau Steel berhasil mencatat keuntungan sebesar $74,1 juta US (1 triliun rupiah) pada triwulan 1 tahun 2020.

Karena sukses menangani berbagai permasalahan di BUMN, Silmy Karim pun dijuluki sebagai Direktur Utama spesialis BUMN sakit.

Baca Juga: Biodata dan Profil Silmy Karim: Umur, Agama dan Karier, Sosok Dirjen Imigrasi yang Baru

Nah, itulah deretan jabatan yang pernah dipegang Silmy Karim usai ditunjuk menjadi Dirjen Imigrasi.




Silmy KarimDirjen ImigrasiRekam jejak Silmy KarimKarier Silmy KarimJabatan Silmy KarimDirut Krakatau Steel

Share to: