CHEN, Baekhyun, dan Xiumin EXO Akhiri Kontrak dengan SM Entertainment

CHEN, Baekhyun, dan Xiumin EXO Akhiri Kontrak dengan SM Entertainment

CHEN, Baekhyun, dan Xiumin EXO Akhiri Kontrak dengan SM Entertainment

EXO CBX


Kabar mengejutkan datang dari Korea Selatan dimana tiga anggota boyband EXO yakni CHEN, Baekhyun, dan Xiumin memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan SM Entertainment.

Tiga member yang tergabung dalam sub unit EXO CBX ini mengungkapkan telah berkali-kali meminta transparansi data pembagian pendapatan pada SM Entertainment namun tidak mendapat kejelasan.

Baca juga: Ranking Boy Group Brand Reputation Mei 2023, BTS Dibuntuti SEVENTEEN dan EXO

CHEN, Baekhyun, dan Xiumin EXO Putuskan Kontrak dengan SM Entertainment

Menurut keterangan dari Pengacara Lee Jaehak selaku kuasa hukun EXO CBX, pihaknya melakukan pemutusan kontrak eksklusif dengan SM Entertainment per tanggal 1 Juni. Hal ini menyusul tidak adanya transparansi data pembagian pendapatan.

“Sejak 21 Maret hingga saat ini, ketiga anggota mengirim sertifikasi konten sebanyak tujuh kali, dan melalui ini, mereka meminta salinan laporan penyelesaian yang transparan dan dasar penyelesaian.” Ungkap Lee Jaehak dilansir dari Soompi, Kamis, 1 Juni 2023.

SM Entertainment Dinilai Tak Adil pada Artisnya

Lebih lanjut, Pengacara Lee Jae Hak juga mengatakan bahwa SM Entertainment telah berusaha melakukan hal tidak masuk akal dengan membuat masa kontral sampai 17 hingga 18 tahun. Hal tersebut dinilai sebagai kontrak perbudakan.

"SM sedang mencoba untuk mengklaim masa kontrak masing-masing minimal 17 atau 18 tahun, dengan meminta artis menandatangani kontrak eksklusif berikutnya, karena masa kontrak 12 atau 13 tahun tidak cukup. Ini adalah tirani yang sangat tidak adil. Lagi dan lagi," ujarnya.

Baca juga: Kai EXO Wamil Hari Ini, Pamer Rambut Plontos Pertama Kali

Sebelumnya boyband EXO dikabarkan akan melakukan comeback di tahun 2023 ini dengan formasi lengkap. Namun, KAI harus masuk wajib militer pada Mei 2023 lalu. 




EXO CBXSM EntertainmentChenBaekyunXiuminEXO CBX Putus Kontrak

Share to: