Arti dan Makna Tema HUT RI ke-78, Lengkap dengan Logonya

Arti dan Makna Tema HUT RI ke-78, Lengkap dengan Logonya

Arti dan Makna Tema HUT RI ke-78, Lengkap dengan Logonya

Arti dan Makna Tema HUT RI ke-78 (Foto: Istimewa)


Inilah arti dan juga makna tema HUT RI ke-78, lengkap dengan logonya gaes.

Pada 17 Agustus 2023, Republik Indonesia (RI) akan merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-78.

"Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" menjadi tema untuk HUT RI ke-78 ini. Lalu, apa arti dan juga maknanya?

Baca Juga: Kisah Sehari Sebelum Proklamasi Kemerdekaan RI, Lengkap Jawaban dari Brainly Gaes

Arti dan Makna Tema HUT RI ke-78

Mengutip dari Detik.com, pemilihan tema ini berdasarkan pencapaian yang telah diraih Indonesia dan menjadikan posisi bangsa ini menguntungkan dalam melanjutkan gerakan pembangunan negara. Ini adalah aksi nyata yang progresif.

Aksi nyata yang progresif itu jangan sampai berhenti dan perlu untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat "estafet". Dirgahayu RI ke-78 pada tahun ini mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir.

Selayaknya olahraga estafet, HUT RI tahun ini merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah energi gerak untuk bangsa Indonesia agar laju momentum ini Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

Logo HUT RI ke-78

Dilansir Pedoman Identitas Visual 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia yang dikeluarkan oleh Kemensetneg RI, terdapat makna filosofis di balik tiap elemen yang membangunnya, diantaranya:

1. Garis Padat Horizontal

Menyimbolkan tongkat estafet. Memiliki makna layaknya olahraga estafet, yaitu setiap elemen bangsa perlu bekerja kolektif dan bergotong-royong guna menuju Indonesia maju.

2. Angka 7

Angka 7 yang berbentuk panah mengarah ke atas. Panah ke atas memiliki makna bergerak maju dengan laju progresif menuju Indonesia Maju.

3. Lima Garis Melengkung

Lima garis melengkung pada angka 8 menyimbolkan Pancasila. Lima sila dari Pancasila merupakan landasan dalam proses melaju.

4. Perpaduan Garis Padat dan Lima Garis Melengkung

Kombinasi garis padat dan garis-garis melengkung merepresentasikan adanya tanggung jawab bersama.

5. Angka 8 yang Tersusun Atas Garis Tak Terputus

Garis-garis yang tak terputus menyimbolkan keberlanjutan. Keberlanjutan progres pembangunan yang terus berlanjut dan tidak pernah berhenti dengan melibatkan setiap elemen bangsa untuk membangun bangsa dan negara yang adil dan makmur sentosa, bergotong-royong menuju Indonesia Maju.

6. Bentuk Bulat pada Angka 8

Bentuk bulat pada angka 8 merepresentasikan globe alias globalisasi.

Baca Juga: Daftar Tokoh Golongan Tua dan Golongan Muda pada Proklamasi Kemerdekaan RI dan Mengapa Berbeda?




HUT RI ke-78Tema HUT RI ke-78Logo HUT RI ke-78Arti tema HUT RI ke-78Makna tema HUT RI ke-78Terus Melaju Untuk Indonesia Maju

Share to: