Wapres Ma'ruf Amin Minta Aparat Tetap Netral Meski Gibran Anak Jokowi Maju Cawapres di Pilpres 2024  

Wapres Ma'ruf Amin Minta Aparat Tetap Netral Meski Gibran Anak Jokowi Maju Cawapres di Pilpres 2024  

Wapres Ma'ruf Amin Minta Aparat Tetap Netral Meski Gibran Anak Jokowi Maju Cawapres di Pilpres 2024  

Wapres Ma'ruf Amin usai hadiri pimipin Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Yudha Utama di Istana Wapres


Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar seluruh elemen aparat bisa tetap netral jelang perhelatan Pilpres 2024. Wapres Amin menegaskan walau anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai Cawapres, diharap seluruh aparat bisa tetap netral.  

"Kita harap walaupun anak Presiden ikut (Pilpres) tetap netralitas tetap harus dijaga," ucap Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta, pada Selasa 14 November 2023. 

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Amerika Serikat Meredakan Konflik di Gaza

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin usai memimpin Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Yudha Utama di Istana Wapres, Jakarta Pusat pada Selasa 14 November 2023.  

Isu soal netralitas aparat di Pilpres 2024 memang sedang jadi perbincangan hangat. Publik khawatir Panglima TNI berikutnya, tidak mampu menjaga netralitas saat Pilpres nanti. 

Namun Amin yakin sosok Agus Subiyanto yang digadang-gadang sebagai kandidat kuat Panglima TNI selanjutnya bisa bertugas dengan profesional, menjaga netralitas TNI. 

"Saya kira komitmen TNI seluruhnya, termasuk Pak Agus (Subiyanto) termasuk yang lain semua (matra TNI), semua aparat (netral). Saya kira soal dekat-jauh itu relatif, saya kira. Semua dekat sebenarnya. Tidak ada yang jauh, dekat semua, tapi tugas tetap harus dilaksanakan sesuai aturan main yang ditetapkan," bebernya.

Baca juga: Kaesang Pangarep Ingin Kesejahteraan Guru dan Gizi Anak Seimbang  

Jenderal TNI Agus Subiyanto yang juga hadir di tempat dan waktu yang sama mendampingi Wapres Ma'ruf Amin pun menjelaskan ke awak media bahwa kedekatannya tidak hanya dengan Jokowi, tapi juga beberapa pejabat lainnya. Dirinya pun menegaskan bahwa kedekatanya hanya sebatas pekerjaan semata.  

"Kedekatan saya tuh tidak hanya (saat) bertugas di Solo, (tapi) setiap bertugas, contoh di Palu saya Danrem disana dengan  Forkopimda saya dekat dengan Pasha Ungu sebagai Walikota. Waktu sebagai Pangdam III saya dekat dengan Ridwan Kamil. Kedekatan saya hanya kerja. Ucap Agus saat dampingi Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta pada Selasa, 14 November 2023.




pilplrespemiluma ruf aminjokowigibranpanglima tniAgus SubiyantoPilpres 2024

Share to: