Panglima TNI Yudo Margono Resmi Pensiun

Panglima TNI Yudo Margono Resmi Pensiun

Panglima TNI Yudo Margono Resmi Pensiun

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan penghargaan Bintang Yudha Dharma Utama kepada Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (14/11/2023). Foto: Istimewa


Presiden Joko Widodo memberikan tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama kepada Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono. 

Pemberian tanda kehormatan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8/TK/2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama, yang ditetapkan di Jakarta pada 27 Februari 2023. 

Adapun penyematan tanda kehormatan tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Selasa 14 November 2023.

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Wakil Presiden, Bintang Yudha Dharma Utama termasuk dalam salah satu Tanda kehormatan Bintang Yudha Dharma yang dianugerahkan oleh pemerintah kepada mereka yang telah mendarmabaktikan diri melebihi dan melampaui panggilan kewajiban dalam pelaksanaan tugas pembinaan dan pengembangan.

Di antaranya, sebelum menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), ia mendapat kepercayaan sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) pada 2019-2020. 

Pada periode ini ia beserta jajaran terlibat langsung dalam pemantauan kehadiran kapal-kapal nelayan China yang melanggar memasuki wilayah Natuna, Kepulauan Riau.

Dari sisi sosial kemasyarakatan, dirinya juga terlibat aktif dalam memimpin penanganan warga terkait Covid-19, terutama dalam pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri. 

Sementara dari sisi pendidikan, Yudo pun turut menyumbangkan pemikiran, pengetahuan, serta analisis dalam buku yang ia luncurkan berjudul “Perang Rusia vs Ukraina: Perspektif Intelijen Strategis Februari-September 2022”.

Yudo memasuki masa pensiun pada 26 November mendatang. Yudo mengaku berniat bertani selepas pensiun nanti. 

“Ya saya kira untuk pensiun, saya masih tetap teguh pada tujuan (bertani),” kata Yudo Margono usai acara penghargaan bagi prajurit di Balai Samudra, Jakarta Utara, Senin 14 November 2023.

Yudo kemudian mengibaratkan pensiunnya itu seperti pendaratan amfibi yang biasa dilakukan pasukan Korps Marinir TNI AL. 

“Loh, itu prinsipnya. TNI juga itu kalau pendaratan amfibi itu teguh pada tujuan,” ujarnya. 

Yudo Margono juga mengaku belum mendapatkan tawaran untuk terjun ke dunia politik.




tnipanglima tni

Share to: