Elektabilitas Menurun, TPN Ganjar-Mahfud Jadikan Hasil Survei Sebagai Bahan Evaluasi

Elektabilitas Menurun, TPN Ganjar-Mahfud Jadikan Hasil Survei Sebagai Bahan Evaluasi

Elektabilitas Menurun, TPN Ganjar-Mahfud Jadikan Hasil Survei Sebagai Bahan Evaluasi

PN Ganjar-Mahfud Jadikan Hasil Survei Sebagai Bahan Evaluasi (Foto: Antara)


Elektabilitas pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mulai menurun.

Dari beberapa hasil survei, pasangan Ganjar-Mahfud masih berada di bawah pasangan Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Survei Baru November 2023: Prabowo-Gibran Pertama, Kedua Ganjar-Mahfud, Ketiga Anies-Imin

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, menyatakan hasil beberapa survei yang menunjukkan menurunnya elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud akan dijadikan evaluasi oleh TPN.

"Evaluasi selalu dilakukan. Akan tetapi, kami juga melakukan yang namanya internal survei," kata Arsjad dalam konferensi pers di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Dikatakan pula bahwa internal survei tersebut tidak dipublikasikan, tetapi survei tersebut dijadikan pembanding survei-survei eksternal.

 

Arsjad mengatakan bahwa TPN Ganjar-Mahfud perlu mengetahui metode serta pertanyaan di dalam setiap survei eksternal yang menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud lebih rendah daripada pasangan Prabowo-Gibran.

 

Dengan demikian, hasil survei tersebut juga dapat dijadikan arahan untuk perbaiki elektabilitas pasangan calon presiden/wakil presiden nomor 3 itu.

 

"Kami harus bertanya juga bagaimana metode dari survei itu? Apa pertanyaannya?" katanya.

 

Sebelumnya survei Polmatrix Indonesia menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran berpotensi menang satu putaran dengan elektabilitas mencapai 48,4 persen, Ganjar-Mahfud 26,6 persen, dan Anies-Muhaimin 17,3 persen.

 

Survei Indikator Politik Indonesia juga menunjukkan bahwa dalam simulasi tiga pasangan, elektabilitas Prabowo-Gibran unggul dengan persentase 39,7 persen, Ganjar-Mahfud MD 30 persen, dan Anies-Muhaimin 24,4 persen.

 

Baca Juga: Tok! KPU Tetapkan Para Capres-Cawapres 2024: Prabowo-Gibran, Ganjar-Mahfud, dan Anies-Imin

Hasil survei Indo Barometer juga menyebut Prabowo-Gibran berpotensi memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran dengan elektabilitas mencapai 34,2 persen, disusul elektabilitas Ganjar-Mahfud 26,2 persen, dan Anies-Muhaimin 18,3 persen.




Ganjar PranowoMahfud MDTPN Ganjar-MahfudElektabilitas Ganjar-Mahfud menurunPolitikPolitik 2024Pilpres 2024

Share to: