Mengapa 20 November, Diperingati Sebagai Hari Anak Sedunia

Mengapa 20 November, Diperingati Sebagai Hari Anak Sedunia

Mengapa 20 November, Diperingati Sebagai Hari Anak Sedunia

Foto: UNICEF


Merujuk dari situs resmi UNICEF, Hari Anak Sedunia atau World Children's Day adalah perayaan tahunan dari Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) untuk menyuarakan kesejahteraan dan hak anak-anak.

Peringatan Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada 20 November 1954 oleh Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB). Namun, dulu namanya adalah Universal Children's Day atau Hari Anak Universal.Hari Anak Universal juga jatuh pada 20 November. Tujuan dari peringatan tersebut adalah untuk mendorong kesadaran dan kebersamaan masyarakat di seluruh dunia untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Tapi, mengapa tanggal 20 November dipilih untuk Hari Anak Universal maupun Sedunia?  

 

Ternyata, tanggal tersebut adalah hari ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak-Hak Anak pada 1954. Pada tanggal yang sama pula, tetapi di tahun 1989, Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.Hingga sekarang, tanggal 20 November rutin diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. Idealnya sih, pada hari tersebut, ruang tercipta bagi anak-anak dan remaja untuk menyuarakan pendapat mereka tentang isu-isu yang penting bagi mereka.Pada waktu yang sama pula, Hari Anak Sedunia menawarkan kepada semua orang untuk mengadvokasi, mempromosikan, dan merayakan hak-hak anak, yang diterjemahkan ke dalam dialog dan tindakan yang akan membangun dunia yang lebih baik bagi anak-anak.

Selamat hari Anak Sedunia!




hari anak seduniaunicefhari anaksejarahfyi

Share to: