Ini Cara Kerja Bot yang Digunakan Calo untuk Dapatkan Tiket Konser

Ini Cara Kerja Bot yang Digunakan Calo untuk Dapatkan Tiket Konser

Ini Cara Kerja Bot yang Digunakan Calo untuk Dapatkan Tiket Konser

Cara Kerja Bot yang Digunakan Calo untuk Dapatkan Tiket Konser (Foto: Istimewa)


Akhir-akhir ini sedang viral dan ramai diperbincangkan Gischa Debora Aritonang (19), calo penipu tiket konser Coldplay yang berhasil ditangkap polisi.

Dari hasil penipuan 2268 tiket konser Coldplay di Jakarta itu, Gischa Debora diketahui berhasil meraup keuntungan kurang lebih 5,1 Miliar.

Baca Juga: Everyday Festival 2023 Siap Digelar Desember, Hadirkan 21 Musisi Nasional

Diketahui banyak calo tiket konser yang menggunakan bot untuk mendapatkan tiket konser yang nantinya mereka akan jual. Penggunaan sistem bot ini pun membuat resah masyarakat yang membeli secara resmi. Dan inilah cara kerja bot yang digunakan calo untuk dapatkan tiket konser.

Cara Kerja Bot Tiket Konser yang Digunakan Calo

Dilansir Tekno Liputan6.com, Rabu (22/11/2023), para calo mengandalkan bot sehingga mampu membeli barang dengan harga standar ritel secara cepat dibandingkan pelanggan manusia.

Tiket-tiket tersebut kemudian dijual lagi dalam waktu singkat di pasar sekunder, tetapi dengan harga jauh lebih tinggi.

Sejumlah bot yang dioperasikan oleh para calo memiliki kapabilitas untuk secara otomatis menjelajahi berbagai situs penjualan tiket.

Selain itu juga bisa mengisi data pengguna untuk pembayaran lebih cepat termasuk isi formulir otomatis, refresh situs web otomatis, hingga akses data melalui API untuk otomatisasi berbagai aktivitas. Termasuk mengirimkan spam, masuk ke akun, dan melakukan pembelian.

Dan ini cara kerja bot yang digunakan calo tiket konser, diantaranya:

1. Membuat beberapa akun palsu atau mengakuisisi akun pengguna yang sudah ada untuk membeli produk, dalam hal ini tiket yang ditargetkan.

2. Memakai skrip yang telah diprogram, bot mulai melakukan pencarian di bagian depan antrian, segera setelah penjualan daring dibuka.

3. Otomatisasi ini memberikan kemampuan kepada penyerang untuk menambahkan jumlah produk (tiket) dalam batas maksimum ke keranjang belanja. Aktivitas ini jauh melampaui kapasitas pelanggan manusia.

4. Bot kemudian memakai informasi kartu kredit yang diperoleh dari akun yang sudah diinfiltrasi sebelumnya untuk menyelesaikan proses pembayaran. Hal ini membuat produk yang dicari tidak lagi tersedia untuk pengguna manusia.

Baca Juga: Ed Sheeran Konser di GBK Jakarta 2 Maret 2024

Nah, itulah cara kerja bot yang digunakan calo untuk dapatkan tiket konser, yang bikin resah masyarakat saat melakukan war tiket konser.




Calo tiket konserCara calo dapat tiket konserCara calo menang war tiket konserBot tiket konserCara kerja Bot tiket konserGischa Debora Aritonang

Share to: