Tak Hanya Amerika, Festival Unik Layaknya Thanksgiving Dirayakan di Belahan Dunia

Tak Hanya Amerika, Festival Unik Layaknya Thanksgiving Dirayakan di Belahan Dunia

Tak Hanya Amerika, Festival Unik Layaknya Thanksgiving Dirayakan di Belahan Dunia

Chuseok Festival di Seoul (foto: Korea.net)


Hari ini masyarakat Amerika sedang merayakan Thanksgiving Day atau festival untuk mensyukuri nikmat dalam kehidupan. Thanksgiving Day menjadi hari libur nasional di Amerika dan menjadi kesempatan untuk keluarga berkumpul, makan bersama hingga mengadakan pesta.

Tak hanya di Amerika, festival serupa juga dilaksanakan di berbagai belahan dunia lainnya. Berikut beberapa negara yang memiliki festival mirip dengan Thanksgiving.

1. Chuseok Harvest Festival

Di Korea perayaan syukur dan penghormatan pada leluhur mereka disebut sebagai Chuseok Harvest Festival. Perayaan ini dilaksanakan pada hari ke-15 di bulan ke-8 kalender Lunar. Masyarakat Korea merayakan di kampung leluhur mereka dengan ziarah serta membawa makanan tradisional seperti songp'yon (kue beras tradisional), toran-t’ang (sup talas), dan song-i (jamur).

2. Erntedankfest

Erntedankfest adalah perayaan lahi libur keagamaan yang jatuh pada Minggu pertama bulan Oktober. Perayaan khas masyarakat Jerman ini bertujuan untuk menyampaikan rasa syukur atas anugrah Tuhan sepanjang tahun. Benda khas di festival ini adalah Erntekrone, mahkota yang terbuat dari biji-bijian, bunga, dan buah-buahan.

3. Kinro Kansha no Hi

Thanksgiving di Jepang dirakayan dengan nama Kinro Kansha no Hi, Festival ini dirayakan setiap tanggal 23 November sejak tahun 1948 untuk merayakan musim panen. Organisasi buruh akan memimpin perayaan ini sementara anak-anak akan membuat hadiah berupa kerajinan tangan yang dibagikan pada petugas keamanan.

4. Harvest Moon Festival

Di Tiongkok ada Harvest Moon Festival yang dirayakan selama 3 hari di pertengahan musim gugur saat bulan penuh. Dahulu festival yang identic dengan lampion ini diperingati dengan doa-doa hingga pembakaran persembahan. Kini, Harvest Moon Festival dirayakan dengan menghabiskan waktu bersama untuk memakan kue dan berkumpul.

5. Festival Pongal

Sementara di India, Thanksgiving dikenal sebagai festival Pongal untuk merayakan rasa syukur atas pemberian alam. Perayaan ini dilakukan selama 4 hari di pertengahan Januari untuk melakukan penghormatan pada Dewa Indra hingga Dewa Matahari. Adapula rangkaian memuliakan sapi yang disebut Mattu Pongal hingga puncaknya para perempuan mencuci daun kunyit dan meletakan beras di sekitarnya. Mereka berdoa dan berharap rezeki serta kemakmuran bagi keluarga.

Nah, itulah sejumlah perayaan mirip Thanksgiving yang dilakukan oleh beberapa negara lainnya sebagai rasa syukur atas nikmat yang telah diterima.




Festival ThanksgivingThanksgiving di Berbagai NegaraChuseok FestivalFestival PongalHarvest Moon FestivalErntedankfestKinro Kansha no Hi

Share to: