Ini Alasan Fans Barcelona di Indonesia Disebut Decul

Ini Alasan Fans Barcelona di Indonesia Disebut Decul

Ini Alasan Fans Barcelona di Indonesia Disebut Decul

Alasan Fans Barcelona di Indonesia Disebut Decul (Foto: Istimewa)


Kata Decul sering disematkan oleh para pecinta bola Indonesia kepada fans Barcelona di Indonesia.

Nyatanya, sebutan Decul ini hanya digunakan di Indonesia. Sebab di luar negeri, sebutan fans Barcelona adalah Cules bukan Decul.

Baca Juga: Tersingkir dari Piala Dunia U-17, Timnas Jepang Ucapkan Terima Kasih ke Indonesia

Lalu, apa alasan fans Barcelona di Indonesia disebut Decul? Apa arti Decul itu sendiri?

Alasan Fans Barcelona di Indonesia Disebut Decul

Foto: Istimewa

Ternyata, Decul sendiri merupakan singkatan dari "Dedek-Dedek Cules". kata "Dedek" sendiri mengacu kepada anak kecil. Jadi, dapat diartikan arti Decul sendiri fans Barcelona yang masih kecil.

Kenapa begitu? Hal itu disematkan kepada fans Barcelona di Indonesia yang dianggap masih bertingkah seperti anak-anak. Atau bahkan mereka masih anak-anak yang mendukung Barcelona karena mengidolakan Lionel Messi.

Belum diketahui siapa pencetus sebutan Decul ini. Namun sebutan Decul sudah digunakan sejak Lionel Messi masih berseragam Barcelona.

Awal Fans Barcelona Disebut Cules

Sementara itu, fans Barcelona secara global disebut sebagai Cules. Kata Cules merujuk pada “cul” yang dalam bahasa Catalan berarti dari sisi belakang atau pantat.

Awalnya nama Cules berasal dari latar belakang sederhana Barcelona sebagai klub. Pada awal abad ke-20, Barcelona memainkan laga-laga mereka di Stadion Calle de la Industria yang hanya dapat menampung 6000 penonton.

Stadion tersebut sangat sederhana serta tidak megah dan jauh sekali dari kapasitas Camp Nou kini yang punya 99.345 penonton. 

Stadion itu hanya dikelilingi tembok sederhana dan sering kapasitasnya tak bisa menampung jumlah penonton yang datang. Oleh karena itu, sebagian penonton biasanya mengambil tempat duduk di tembok. 

Baca Juga: Biodata dan Profil Franck Kessie: Umur, Instagram dan Karier, Pesepak Bola Dikontrak Barcelona

Mereka duduk berjajar di tembok, sehingga orang-orang yang tengah melewati stadion pun hanya bisa melihat banyak pendukung tersebut dari sisi belakang terutama pantat mereka. Karena itu, sering ada anekdot bahwa para penonton itu disebut Cules.




BarcelonaFans Barcelona disebutDeculArti DeculKenapa fans Barcelona disebut DeculAlasan fans Barcelona disebut Decul

Share to: