Microsoft Hadirkan Tombol Kopilot Berbasis AI di Keyboard Versi Terbaru

Microsoft Hadirkan Tombol Kopilot Berbasis AI di Keyboard Versi Terbaru

Microsoft Hadirkan Tombol Kopilot Berbasis AI di Keyboard Versi Terbaru

Microsoft Hadirkan tombol Kopilot berbasis AI (foto: VOANews)


Inovasi baru Microsoft menghadirkan desain terbaru dalam keyboard mereka dengan menambah tombol kopilot atau ‘copilot key’. Tombol tersebut berguna untuk mengakses chatbot AI milik Microsoft. 

Melansir VOA, perubahan yang dibuat oleh Microsoft ini akan mulai hadir dalam produk terbaru dengan Windows 11 mulai tahun 2024 ini. Microsoft bekerja sama dengan OpenAI untuk menerapkan teknologi AI generatif dalam produknya.

Meski saat ini komputer bukan perangkat utama yang banyak digunakan untuk terhubung dengan AI, namun perubahan yang dilakukan oleh Microsoft ini menjadi simbol kompetitif di tahun 2024. Diperkirakan perusahaan lain akan berlomba untuk saling mengalahkan dalam pemanfaatan aplikasi AI. 

(foto: AP)

Desain ulang keyboard ini akan menjadi perubahan terbesar Microsoft pada keyboard PC sejak memperkenalkan tombol khusus Windows pada tahun 1990an. Desain logo empat persegi Microsoft telah berevolusi, namun kuncinya telah menjadi perlengkapan pada keyboard berorientasi Windows selama sekitar tiga dekade.

Tombol AI terbaru akan ditandai dengan logo Copilot seperti pita dan terletak di dekat spasi. Di beberapa komputer, ini akan menggantikan tombol "CTRL" kanan, Sementara di komputer lain, ini akan menggantikan tombol menu.

Menurut lembaga riset IDC, Microsoft masih memimpin dalam produsen komputer atau laptop yang digunakan oleh kebanyakan orang. Sekitar 82% dari seluruh komputer desktop, laptop, dan workstation menjalankan Windows. Sementara 9% untuk sistem operasi internal Apple dan lebih dari 6% untuk Google.




MicrosoftWindowsKeyboard Microsoft

Share to: