Terkendala Royalti, Lagu-lagu Taylor Swift hingga Justin Bieber Hilang dari TikTok

Terkendala Royalti, Lagu-lagu Taylor Swift hingga Justin Bieber Hilang dari TikTok

Terkendala Royalti, Lagu-lagu Taylor Swift hingga Justin Bieber Hilang dari TikTok

Lagu-lagu Taylor Swift hingga Justin Bieber Hilang dari TikTok (Foto: Istimewa)


Sejak 1 Februari 2024, mungkin banyak yang merasa kaget karena lagu-lagu dari beberapa musisi ternama seperti Taylor Swift dan Justin Bieber hilang dari TikTok.

Ternyata, Universal Music Group (UMG) telah menarik seluruh musik resmi musisi yang mereka naungi dari platform TikTok. Hal ini lantaran masalah royalti yang tak menemui titik terang.

Baca Juga: TikTok Akuisisi Tokopedia, Nilai Transaksi Capai Rp 23 Triliun

Selain Taylor Swift dan Justin Bieber, lagu-lagu dari Sting, The Weeknd, SZA, Drake, Billie Eilish, U2, Ariana Grande, Coldplay, dan Bad Bunny kini tak ada lagi dari TikTok.

Berbagai video TikTok yang menyertakan lagu dari musisi-musisi UMG telah senyap menyusul penarikan ini. Sementara bagi mereka yang akan membuat video di TikTok, katalog musik artis-artis UMG telah tidak tersedia.

Adapun sejumlah video yang menggunakan musik di bawah hak cipta UMG juga senyap, beberapa di antaranya bahkan pada video yang diunggah Taylor Swift di akunnya sendiri.

Diketahui sebelumnya, kesepakatan UMG dan TikTok berakhir setelah mereka meneken perjanjian global tiga tahun lalu, yakni pada Februari 2021. Kala itu, TikTok sepakat memberi kompensasi yang adil bagi musisi dan penulis lagu serta secara signifikan menjaga hubungan yang sudah terjalin dengan UMG.

Perjanjian tersebut kemudian gagal diperbarui ketika UMG dan Tiktok membahas perpanjangan kontrak pada 2024. UMG mengklaim terdapat tiga isu penting yang mendasari alotnya pembahasan tersebut.

Baca Juga: TikTok Tengah Kembangkan Fitur AI yang Dapat Ciptakan Lagu Sendiri

Ketiga isu tersebut, yakni kompensasi yang pantas terhadap musisi dan penulis lagu, perlindungan musisi dari efek berbahaya AI, serta keamanan digital untuk pengguna TikTok.




Universal Music GroupTikTokLagu Taylor Swift hilang dari TikTokLagu Justin Bieber hilang dari TikTok

Share to: