Sarkem Fest 2024 Yogyakarta Digelar 2 Hari, Usung Tema Kenduri Ruwahan Apem

Sarkem Fest 2024 Yogyakarta Digelar 2 Hari, Usung Tema Kenduri Ruwahan Apem

Sarkem Fest 2024 Yogyakarta Digelar 2 Hari, Usung Tema Kenduri Ruwahan Apem

Kegiatan Sarkem Fest 2022 (foto: Tangkapan layar Youtube)


Sarkem Festival 2024 Yogyakarta akan digelar selama dua hari tepatnya pada 1 dan 2 Maret 2024. Festival yang telah digelar selama enam tahun terakhir ini akan mengusung tema Kenduri Ruwahan Apem.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, festival ini diadakan sebagai salah satu daya tarik wisata pusat kota Yogyakarta. 

"Tujuan diadakannya Sarkem Fest adalah promosi potensi pariwisata kawasan Sosrowijayan dan Pasar Kembang dalam rangka untuk memperkuat daya tarik wisata Kota Yogyakarta," ujar Wahyu Hendratmoko pada Selasa, (20/2).

Sarkem Fest akan berlangsung di dua tempat yakni di Kelurahan Sosrowijayan dan depan Hotel Patra, Malioboro, Yogyakarta. Acara ini akan dimeriahkan dengan pembuatan apem oleh 54 RT serta kirab tujuh gunungan apem.

Kirab tersebut akan melewati rute kelurahan sosromenduran – Jalan Pajeksan – Jalan Pasar Kembang - Jalan Malioboro – kembali ke Kelurahan Sosromenduran di Jalan Sosrowijayan. Kenduri Ruwahan Apem sendiri akan berlangsung di depan hotel Patra sebelum akhirnya dibagikan pada masyarakat dan wisatawan. 

"Setidaknya terdapat 500 orang yang akan mengikuti kenduri dengan suguhan takiran nasi gurih ingkung suwir dan minuman wedang seruni,"

Acara ini juga akan dimeriahkan oleh 20 booth bazar ekonomi kreatif UMKM, lomba tari antar sanggar, serta panggung musik dan pentas seni budaya.




Sarkem Fest 2024YogyakartaPariwisata YogyakartaKenduri Ruwahan Apem

Share to: