Ridwan Kamil vs Ahmad Sahroni Bertarung di DKI 1, Puspenpol Nilai RK Unggul Jauh di TikTok

Ridwan Kamil vs Ahmad Sahroni Bertarung di DKI 1, Puspenpol Nilai RK Unggul Jauh di TikTok

Ridwan Kamil vs Ahmad Sahroni Bertarung di DKI 1, Puspenpol Nilai RK Unggul Jauh di TikTok

Direktur Strategi Puspenpol Adrian Zakhary


Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni diketahui saling berbalas komentar di media sosial. Banyak yang beranggapan keduanya mulai bersaing untuk menuju kursi Gubernur DKI Jakarta.

RK vs Ahmad Sahroni

Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) merilis analisa mengenai kepopuleran Ridwan Kamil dan Ahmad Sahroni di media sosial TikTok. Hasilnya, mantan gubernur Jawa Barat tersebut lebih unggul dibandingkan sang anggota DPR RI.

Adrian Zakhary selaku Direktur Strategis mengungkapkan hasil analisis Puspenpol melalui TikTok, Ridwan Kamil mendominasi popularitas dengan total 121 juta views dari 89,4 ribu postingan. Disusul Ahmad Sahroni dengan total views 17,1 juta dari 161 post.

“Saat ini di TikTok Ridwan Kamil masih melampaui bakal calon kandidat lainnya, secara pemilih TikTok didominasi oleh Gen Z dan Milenial, namun perlu dikaji lebih dalam untuk daerahnya, apakah sudah menjangkau DKI atau masih didominasi Jawa Barat dan Nasional,” ungkap Adrian Zakhary.

Puspenpol menilai kini TikTok dapat menunjukan preferensi masyarakat terhadap berbagai isu termasuk politik. Hal ini juga didukung oleh hasil survei Indikator Politik periode 23-24 Desember 2023 lalu menunjukkan bahwa referensi dan sikap politik calon pemilih dari X (Twitter) hanya 6,7%.

Sementara itu, TikTok yang awalnya dianggap media sosial alternatif dan hiburan semata, kini menjadi platform media sosial mayoritas dan menyasar semua kalangan.

“Seiring pemberitaan dan deklarasi tokoh yang maju Pilkada, maka peta pertarungan di TikTok akan semakin menarik. Puspenpol berkomitmen untuk terus memantau perkembangan Politik khususnya jelang Pilkada 2024 melalui medium TikTok,” pungkas Adrian.




DKI1Adrian ZakharyPuspenpolDirektur Strategi PuspenpolRidwan KamilAhmad SahroniPilkada DKI

Share to: