Belitong Chinese International Festival Siap Digelar 1-4 April 2024

Belitong Chinese International Festival Siap Digelar 1-4 April 2024

Belitong Chinese International Festival Siap Digelar 1-4 April 2024

Belitong Chinese International Festival Siap Digelar 1-4 April 2024 (foto: Instagram)


Belitong Chinese International Festival siap digelar pada tanggal 1 sampai 4 April 2024 di Bundaran Batu Satam, Tanjung Pandan, Kabupaten Bangka Belitung. Acara ini digelar bertepatan dengan momen Ceng Beng yang berlangsung pada 4 April 2024. Ceng Beng sendiri merupakan ritual ziarah makam leluhur yang menjadi tradisi warga Tionghoa setiap tahunnya. 

Meski acara ini digelar sebagai salah satu perayaan etnis Tionghoa, Belitong Chinese International Festival akan mengusung tema "Diversity in Harmony" sebagai wujud toleransi antara Melayu dan Tionghoa yang hidup berdampingan di Pulau Belitung. 

Menurut PJ Bupati Kabupaten Belitung Yuspian, nantinya Belitong Chinese International Festival akan dimeriahkan dengan kegiatan bazar, kuliner, literasi hingga beragam hiburan. 

"Nanti akan tema bazar dan kuliner, muda mudi dan fashion, kebhinekaan dan hiburan, juga literasi, foto, dan video," ungkapnya beberapa waktu lalu. 

Acara ini juga diharapkan dapat membangkitkan pariwitasa di Belitung. Terlebih festival tersebut digelar bertepatan dengan bulan Ramadan. 

"Nanti rencananya juga kami akan menghadirkan Dennis Lim, orang Tionghoa yang mualaf akan menyampaikan tausiyah. Karena event ini dibikin agar dapat dinikmati bersama-sama tanpa melihat perbedaan suku, etnis, dan agama," imbuhnya. 




Belitong Chinese International FestivalBangka BelitungCeng Beng

Share to: