Kunto Aji Ungkap Proses Menulis Lagu Religi 'Hiduplah Sebelum Mati'

Kunto Aji Ungkap Proses Menulis Lagu Religi 'Hiduplah Sebelum Mati'

Kunto Aji Ungkap Proses Menulis Lagu Religi 'Hiduplah Sebelum Mati'

Kunto Aji (foto: Instagram/@kuntoajiw)


Ramadan tahun ini, Kunto Aji memutuskan untuk merilis lagu religi untuk pertama kali sepanjang kariernya. Mengusung judul ‘Hiduplah Sebelum Mati’ lagu ini juga dijadikan soundtrack untuk sebuah serial bertajuk Demi Masa. 

Menurut Kunto Aji, proses penulisan lagu ‘Hiduplah Sebelum Mati’ terinspirasi dari ayat Al-Qur’an. Ia juga mencari ide disela-sela waktunya bekerja.

Baca juga: Kunto Aji Jadi Linmas saat Pemilu di TPS Tangerang Selatan

“Saya memberanikan diri. Mencoba dua minggu (menulis lagunya), walaupun nggak efektif. Karena saya sempat ke Medan dan Sabang, maksudnya sambil manggung, bahkan saya menulis di kereta, di kapal, nggak dapat juga (idenya),” kata Kunto Aji. 

“Tapi Alhamdulillah-nya bisa diselesaikan,” imbuhnya.

Kunto Aji mengungkapkan bahwa menjadikan ayat Al-Quran sebagai inspirasi dalam menulis lagu bukanlah hal yang pertama baginya. Ia merasa banyak pesan yang bisa disampaikan dengan kalimat yang lebih mudah sebagai sebuah lagu. 

“Jadi, ini rasanya juga nggak terlalu jauh, cukup dekat. Bahkan album terakhir, Pengantar Purifikasi Pikir, itu kan tema besarnya adalah soal urip iku urup, dalam bahasa Jawa 'hidup itu menyala'. Nah, itu kan hampir sama kayak surah Al Ashr,” kata Kunto Aji.

“Makanya saya juga jadi lebih mudah (menulis lagu religi). Karena ini memang yang sedang saya alami dan saya tulis. Jadi nggak terlalu susah, liriknya jadi seperti lirik saya pada (lagu) biasanya,” sambungnya.

Baca juga: Bukan Tengah Malam, Kunto Aji Bikin Konser Tahun Baru Jam 5 Pagi

Melalui lagu religinya ini, Kunto Aji ingin menyampaikan pengingat pada para penggemarnya serta penikmat musik bahwa hidup adalah waktu untuk saling berbagi kebaikan pada sesama manusia. 

"Hidup dan menghidupi itu apa sih? Salah satunya dari surat Al-Ashr, bahwa kita sangat merugi jika kita tidak bermanfaat bagi orang-orang," imbuhnya. 




Lagu Religi Kunto AjiKunto AjiHiduplah Sebelum MatiRamadan 2024

Share to: