Kista dan Kelelahan Jadi Faktor Kiky Saputri Keguguran di Usia Kehamilan 10 Minggu

Kista dan Kelelahan Jadi Faktor Kiky Saputri Keguguran di Usia Kehamilan 10 Minggu

Kista dan Kelelahan Jadi Faktor Kiky Saputri Keguguran di Usia Kehamilan 10 Minggu

Muhammad Khairi dan Kiky Saputri (foto: Tangkapan layar Youtube Kiky Saputri)


Melalui unggahan video di akun Youtubenya, Kiky Saputri mengaku telah mengalami keguguran di usia 10 minggu. Sebelumnya Kiky bermaksud merahasiakan kabar duka tersebut dari media dan masyarakat. Namun ia akhirnya membuat video penjelasan karena mendapat banyak pertanyaan dari netizen tentang kondisi kehamilannya.

"Usia kehamilan itu sampai hari ini 3,5 bulan, seharusnya," ucap Kiky dikutip dari YouTube Kiky Saputri Official, Senin (18/3).

"Tetapi Qadarullah, takdir Allah menentukan kita harus berpisah dengan bayi aku, janin aku di usia kandungan 2,5 bulan, 10 minggu, di mana itu sebulan yang lalu," imbuhnya.

Baca jugaKiky Saputri Ungkap Khairi Jadi Suami yang Protektif Pasca Umumkan Kehamilan

Sambil menangis, Kiky mengaku kelelahan menjadi salah satu faktor yang membuat janin di dalam perutnya tidak kuat.

"Penyebab pastinya ada, ditambah faktor lain, kecapekan. Aku pikir selama ini aku kuat, aku kerja sana sini," ungkap Kiky. 

"Ternyata di dalam perut aku enggak sekuat aku," tuturnya.

Selain kelelahan, Kiky ternyata juga mengidap kista yang mengganggu perkembangan janinnya. Kista di luar dinding rahim sudah diketahui Kiky sejak sebelum hamil dan berniat melakukan operasi usai pulang dari London akhir tahun lalu. Tapi ketika di London ia justru mengetahui bahwa sedang hamil dan dokter sempat mengungkap kista tersebut tak akan menggangu janinnya. 

"Seiring berjalannya waktu, janin berkembang, maka kista juga berkembang. Ternyata menekan ke area dinding rahimnya, kistanya membesar, saat aku keguguran itu dia udah 4,6 cm," ujar Kiky.

"Sari-sari makanan untuk janin itu diambil oleh kistanya," timpal Muhammad Khairi.

Di usia kehamilan 10 minggu, Kiky mengalami flek dan pendarahan. Setelah melakukan cek ke dokter ternyata detak jantung sang bayi sudah tidak ada.

Baca jugaKiky Saputri Senang Usai Di Notice Syahrini: Idola Aku

"Dua minggu sebelumnya kenceng (detak jantungnya). Itu juga sampai 10 kali lebih dokter mencoba untuk ngecek, ternyata detak jantungnya udah enggak ada. Aku masih enggak percaya waktu itu," tutur Kiky.

"Dan ternyata fleknya makin keluar, dan sepertinya janinnya kayak menyusut. Kalau secara perkembangan bayi masuk 10 minggu itu ukuran sudah 3 cm, tapi kemarin 1,5 cm," lanjutnya.

Usai menjalani kuret, Kiky yang mengeluh perutnya sakit ternyata disebabkan oleh ukuran kista yang semakin membesar hingga 5,2 cm. Selain itu, kista tersebut juga telah menyelimuti ovarium kiri sehingga ovarium kiri Kiky harus diangkat.




Kiky SaputriKiky Saputri keguguran

Share to: