Instagram Bakal Hapus Fitur Flipside Mei 2024

Instagram Bakal Hapus Fitur Flipside Mei 2024

Instagram Bakal Hapus Fitur Flipside Mei 2024

Instagram Hapus Fitur Flipside Mei 2024 (Foto: Istimewa)


META selaku perusahaan pengembang Instagram akan menghapus fitur Flipside dari Instagram pada 24 Mei 2024 mendatang.

Pengumuman tersebut disampaikan Meta untuk semua pengguna secara langsung. Pengguna akan mendapatkan notifikasi pop-up ketika hendak membuka fitur Flipside di Instagram.

Baca Juga: Hadirkan Sensasi Berbeda, Spotify Rilis Fitur Music Videos Bagi Pengguna

"Flipside tidak akan lagi tersedia setelah 24 Mei 2024," tulis Meta dalam pengumuman tersebut.

Konten yang telah dibagikan di Flipside baik dalam bentuk post maupun stories nantinya akan disimpan Instagram di arsip pengguna. Konten-konten tersebut hanya akan dapat dilihat oleh pengguna, kecuali pengguna membagikannya ke pengikut lain.

Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh postingan yang ada di flipsde hingga 25 Agustus 2024. Pengguna dapat mengunduhnya dari bagian Accounts Center.

Flipside sendiri diluncurkan pada Januari lalu, sebagai fitur baru untuk membatasi audiens pengguna. Pada dasarnya, mekanisme Flipside tidak jauh berbeda dengan 'Close Friends'.

Pengguna cukup membuat daftar nama untuk ditambahkan di Flipside. Unggahan pun bisa ditujukan pada akun utama atau akun Flipside. Unggahan pada Flipside otomatis hanya bisa dilihat oleh akun-akun yang masuk dalam daftar.

Mereka yang masuk daftar bisa mengetahuinya dari ikon kunci pada unggahan seseorang. Jika menemukan ikon tersebut, pengguna berarti masuk dalam daftar dan bisa mengakses unggahan di Flipside akun lain.

Meski demikian, Bos Instagram Adam Mosseri menyadari bahwa fitur ini agak berlebihan.

Baca Juga: TikTok Tengah Kembangkan Fitur AI yang Dapat Ciptakan Lagu Sendiri

"Di satu sisi rasanya menyenangkan untuk menciptakan ruang kosong yang terasa lebih pribadi. Di sisi lain, ini adalah cara lain untuk menjangkau audiens yang lebih kecil selain akun sekunder dan Close Friends," ungkap Mosseri dalam Threads seperti dilaporkan Engadget.




METAInstagramFlipsideFlipside dihapus

Share to: