Indonesia Masuk Lima Besar Negara dengan Keuntungan Kripto Terbesar 2023

Indonesia Masuk Lima Besar Negara dengan Keuntungan Kripto Terbesar 2023

Indonesia Masuk Lima Besar Negara dengan Keuntungan Kripto Terbesar 2023

Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary


Indonesia masuk dalam lima besar negara dengan keuntungan kripto terbesar secara global sepanjang tahun 2023. Hal tersebut diungkap dalam laporan terbaru dari Chainalysis.

Indonesia berada di urutan kelima dengan perolehan keuntungan kripto sebesar 1,06 Miliar US Dolar atau sekitar Rp 16,7 triliun. Dalam laporan tersebut, Amerika Serikat menempati urutan pertama secara global dengan keuntungan mencapai Rp 148 triliun, diikuti oleh Inggris, Vietnam, China dan Indonesia. 

Baca jugaKripto Resmi Jadi Alat Pembayaran Sah Grab di Singapura

Menurut laporan Chainalysis, negara-negara dengan kategori pendapatan menengah ke atas dan menengah ke bawah menunjukan tingkat adopsi dan ketahanan aset kripto yang kuat. Hal ini membuat banyak investor mendapatkan keuntungan dari penerimaan terhadap kelas aset ini.

(foto: Chainalysis)

Menurut Founder MAJA Labs Adrian Zakhary tren ini menunjukan bagaimana potensi industri kripto sebagai pendukung sektor ekonomi nasional. 

“Tahun 2023 nilai transaksi kripto sempat mengalami penurunan, namun Indonesia masih menempati urutan atas dalam meraup keuntungan besar,” kata Adrian. 

“Hal ini tentunya jadi bukti bagaimana industri kripto ini memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung perekonomian nasional. Pajaknya juga saat ini sedang dikaji ulang oleh Bappebti,” imbuhnya.

Baca juga: Bappebti Bakal Kaji Ulang Pajak Kripto Usai Dinilai Terlalu Tinggi

Sebab itu, Adrian menilai ekosistem Web 3 di Indonesia harus terus dikembangkan. Pemerintah juga diharapkan terus memberikan dukungan untuk pengembangannya agar Indonesia bisa berdaulat secara digital.

"Ekosistem Web3 di Indonesia harus terus dibangun dan dikembangkan. Mengembangkan pasar kripto menjadi salah cara untuk membawa Indonesia berdaulat secara digital melalui Web3," pungkasnya.




Adrian ZakharyChainalysisKriptoWeb 3MAJA Labs

Share to: