Film Ki Hadjar Dewantara Resmi Diproduksi, Direncanakan Tayang 2026

Film Ki Hadjar Dewantara Resmi Diproduksi, Direncanakan Tayang 2026

Film Ki Hadjar Dewantara Resmi Diproduksi, Direncanakan Tayang 2026

Film Ki Hadjar Dewantara Resmi Diproduksi (Foto: Istimewa)


Rumah produksi sinema Wahana Kreator mengumumkan rencana produksi film berjudul Ki Hadjar Dewantara.

Film Ki Hadjar Dewantara direncanakan rampung dan tayang bertepatan peringatan Hardiknas 2026 sebagai penghormatan atas warisan konsep dan gagasan pemajuan pendidikan yang ditinggal oleh Ki Hadjar Dewantara.

Baca Juga: Abimana Aryasatya Debut Sebagai Sutradara di Film Pendek 'Ini Ibu Budi'

Pengerjaan film Ki Hadjar Dewantara turut mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahap riset maupun pengembangan cerita.

Keluarga Bapak Pendidikan Nasional turut hadir sebagai tamu kehormatan pada upacara dan puncak perayaan Hardiknas 2024 di Indonesia Arena.

Pada puncak perayaan Hardiknas 2024 di Indonesia Arena, turut disampaikan bahwa film ini mengisahkan hidup, pemikiran, dan cita-cita Ki Hadjar Dewantara.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, mengungkapkan bahwa Kemendikbudristek sangat mendukung inisiatif rumah produksi sinema Wahana Kreator menginisiasi produksi film berjudul Ki Hadjar Dewantara.

“Sebagai generasi penerus bangsa, semangat Ki Hadjar Dewantara dalam dunia pendidikan patut kita pegang teguh dan ditanamkan kepada setiap generasi, salah satu caranya adalah melalui film sebagai medium pemajuan kebudayaan," kata Hilmar, Senin (6/5).

Menurut Hilmar, film Ki Hadjar Dewantara diharapkan dapat menjadi refleksi serta membuka ruang diskusi mengenai pendidikan.

“Ini juga dapat menjadi salah satu cara yang baik dalam menggelorakan semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya bagi seluruh pelajar dan masyarakat Indonesia,” lanjutnya.

Aktris Maudy Ayunda, dipercaya untuk menjadi produser Film Ki Hadjar Dewantara. Ia menuturkan harapan agar film biopik ini dapat menambah salah satu dimensi penting dalam dunia pendidikan dan perfilman Indonesia, yaitu kesenian dan budi pekerti.

“Kedua poin tersebut menjadi hal yang cukup penting bagi saya dan tentu berharap dapat menginspirasi seluruh pelajar Indonesia,’’ ucap Maudy Ayunda.

Kini, proses pengerjaan film Ki Hadjar Dewantara memasuki masa riset, pengembangan cerita, maupun penulisan naskah.

Baca Juga: Sempat Jadi Kontroversi, Film Vina: Sebelum 7 Hari Kini Sudah Tembus 1 Juta Penonton

Film yang disutradarai dan ditulis oleh Gina S Noer itu dijadwalkan syuting pada 2025 dan rencananya akan dirilis pada 2026 bertepatan momentum Hardiknas




Ki Hadjar DewantaraFilm Ki Hadjar Dewantara

Share to: