24 Anak Muda Indonesia Terima Beasiswa, Siap Berangkat ke Community College AS

24 Anak Muda Indonesia Terima Beasiswa, Siap Berangkat ke Community College AS

24 Anak Muda Indonesia Terima Beasiswa, Siap Berangkat ke Community College AS

24 Anak Muda Indonesia Terima Beasiswa CCI (Foto: Siaran pers)


Sebanyak 24 anak muda Indonesia mendapatkan beasiswa Program Community College Initiative (CCI) dari Departemen Luar Negeri AS untuk belajar selama satu tahun akademik di sejumlah community college di wilayah Amerika Serikat.

Program CCI dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) bersama dengan konsorsium community college yang berpusat di Northern Virginia Community College.

Baca Juga: Luncurkan Starlink di Bali, Amerika Serikat Ingin Bantu Kembangkan Internet Indonesia

Adapun para penerima beasiswa tersebut berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, termasuk Bangka Belitung, Nusa Tenggara Timur, dan provinsi-provinsi di Papua.

Mereka mengikuti orientasi pra-keberangkatan yang sedang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 4 hingga 6 Juni di Jakarta agar siap menghadapi pengalaman akademis dan budaya di Amerika Serikat.

Pada kegiatan orientasi pra-keberangkatan hari Selasa, Pejabat Urusan Kebudayaan Kedutaan Besar AS di Jakarta Emily Y. Norris berharap program ini bisa memperluas hubungan AS dan Indonesia.

“Di tahun istimewa perayaan 75 tahun hubungan AS-Indonesia ini, kami senang melihat banyak peserta yang dapat berangkat ke AS untuk mempelajari keterampilan baru dan memperluas hubungan antar masyarakat yang mendasari semua aspek kemitraan strategis komprehensif kami dengan Indonesia," harapnya.

Direktur Layanan Dukungan Strategis di PT Freeport Indonesia Scott Hanna juga turut menghadiri acara pembukaan tersebut. PT Freeport Indonesia mendukung tujuh penerima Program CCI dari provinsi Papua, Papua Barat Daya dan Papua Barat, untuk menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan pendidikan di wilayah tersebut.

“Kami bangga melanjutkan kemitraan jangka panjang kami dengan AMINEF untuk memberikan kesempatan bagi warga Papua belajar di Amerika Serikat. Program beasiswa ini menunjukkan komitmen kami terhadap pendidikan dan membantu membangun masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat Papua,” ujar Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas saat upacara penandatanganan MoU untuk memperbarui kemitraan dengan AMINEF pada 2023.

Mitra AMINEF di AS untuk Program CCI, Matthew J. Sacco, Program Officer di Kantor Program Pendidikan Global, Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Luar Negeri AS, dan Sara Mohamed, Direktur Interim, Tim Administrasi Program CCI Northern Virginia Community College, juga akan berpartisipasi dalam acara tersebut secara daring, untuk memberikan pidato dan dukungan kepada para penerima beasiswa.

Orientasi yang diselenggarakan oleh AMINEF ini mencakup pengarahan komprehensif mengenai berbagai aspek kehidupan dan studi di Amerika Serikat. Sesi-sesi ini dirancang untuk memastikan bahwa para penerima beasiswa siap menghadapi perjalanan mereka.

Selain itu, alumni Program CCI juga diundang untuk berbagi pengalaman pribadi dan wawasan mereka dengan para penerima beasiswa yang akan berangkat sehingga menjadi bekal nasihat dan dukungan yang sangat berharga. 

Nadya Rima Damayanti, penerima beasiswa CCI 2020 menyebutkan program CCI sangat membantu dirinya untuk mengasah skill yang bisa ia gunakan untuk berkarier di Indonesia.

Baca Juga: Global Santri Fest 2024, Peluang Emas Anak Pesantren Lanjutkan Pendidikan di AS

"Berpartisipasi dalam Program CCI adalah pengalaman yang mengubah banyak aspek dalam hidup saya. Pengalaman belajar di AS membuka peluang besar untuk karier saya di Indonesia. Pengalaman sukarelawan juga memberikan perspektif yang kemudian saya terapkan dalam berbagai proyek di kota asal saya," ucap Nadya Rima Dayanti.




Program Community College InitiativeCCIDepartemen Luar Negeri ASKedubes ASBeasiswa CCI

Share to: