Jerry West, Sosok yang Ada di Logo NBA Meninggal Dunia

Jerry West, Sosok yang Ada di Logo NBA Meninggal Dunia

Jerry West, Sosok yang Ada di Logo NBA Meninggal Dunia

Jerry West Meninggal Dunia (Foto: Istimewa)


Legenda basket Amerika Serikat, Jerome Alan West alias Jerry West, telah meninggal dunia pada usia 86 tahun.

Meninggalnya Jerry West dikonfirmasi oleh pihak klub, Los Angeles Clipppers pada Rabu (12/6) atau Kamis pagi hari Waktu Indonesia Barat. West merupakan jajaran direksi dan konsultan bagi Clippers.

Baca Juga: Anak Lebron James, Bronny James Bakal Ikut NBA Draft 2024

"Jerry West, personifikasi dari keunggulan bola basket dan seorang teman bagi semua orang yang mengenalnya, meninggal dunia dengan damai pagi ini pada usia 86 tahun. Istrinya, Karen, berada di sisinya," demikian pengumuman Clippers.

Buat kamu yang belum tahu, Jerry West merupakan sosok siluet yang ada pada logo NBA. Siluet Jerry West di logo NBA tersebut telah digunakan sejak 1969 hingga saat ini.

Selama karier profesional sebagai pemain, West hanya membela satu tim, yakni Los Angeles Lakers dari 1960-1974. West membantu Lakers untuk meraih gelar juara NBA pada 1972. Gelar itu satu-satunya yang diraih West sebagai pemain.

Jerry West dijuluki "Mr Clutch" karena kemampuannya untuk memberikan umpan-umpan di akhir pertandingan. West pensiun dengan membukukan 25.192 poin.

Selepas mengakhiri kariernya sebagai pemain pada 1974, West pindah ke dunia kepelatihan dua tahun kemudian, menghabiskan tiga musim sebagai pelatih Lakers.

West kemudian menjadi eksekutif NBA dan berjasa dalam membangun Showtime Lakers pada tahun 1980-an yang memenangkan lima gelar dalam satu dekade.




Jerry WestJerry West meninggal duniaLogo NBASosok di Logo NBA

Share to: